Detail Cantuman Kembali
NUR RACHMANI - Personal Name

ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN ADES VERSI “LANGKAH KECIL MEMBERIKAN PERUBAHAN” DALAM MENYINGKAP PESAN TERSEMBUNYI TENTANG KEPEDULIAN LINGKUNGAN HIDUP

Nur Rachmani, 1102055141, Analisis Semiotika Iklan Ades versi Langkah
Kecil Memberikan Perubahan dalam Menyingkap Pesan Tersembunyi tentang
kepedulian Lingkungan Hidup dibawah bimbingan Ibu Dra. Purwaningsih, M.Si
dan Ibu Nurliah S.Sos. M.I.kom.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk menemukan makna dibalik tanda-tanda
yang digunakan pada iklan dengan menggunakan analisis semiotika dalam model
Charles Sanders Pierce dan menyingkap pesan tersembunyi kepeduliaan
lingkungan hidup dalam iklan Ades versi “Langkah Kecil Memberikan
Perubahan”.
Fokus penelitian yang ditetapkan Analisis Semiotika Iklan Ades versi
Langkah Kecil Memberikan Perubahan dalam Menyingkap Pesan Tersembunyi
tentang kepedulian Lingkungan Hidup, adalah: Makna tanda-tanda yang
terkandung didalam iklan Ades, yang sesuai dengan konsep Peirce
diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yakni: a) Ikon, yaitu tanda yang memiliki
‘kemiripan’ rupa dengan objeknya. b) Indeks, yaitu tanda yang memiliki
keterkaitan fenomenal atau eksistensi dengan objeknya. c) Simbol, yaitu jenis
tanda yang bersifat arbitrer atau konvensional sesuai kesepakatan atau konvensi
sejumlah orang atau masyarakat. Dan pesan tersembunyi yang terdapat dalam
iklan Ades. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data
primer berupa observasi, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh
langsung dengan dokumentasi berupa video iklan Ades yang sudah di unggah
atau di download melalui youtube. Sedangkan data sekunder berupa
dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berkaitan dengan iklan
Ades melalui internet dan buku yang berkaitan.
Adapun teknik analisis data Setelah data primer dan sekunder terkumpul,
dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis semiotika Charles
Sander Peirce. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Analisis Filling System.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa temuan tanda dalam iklan Ades
menyiratkan pesan tersembunyi tentang kepedulian lingkungan hidup. Iklan Ades
diharapkan dapat terus menjaga peneguhan kepada konsumen dalam kampanye
lingkungan yang diusung sebagai wujud komitmen Coca-Cola Amatil Indonesia
yaitu sustainable (berkelanjutan). Selain melalui iklan, bisa melalui media sosial
yang lain.
Kata Kunci :
Analisis Semiotika, Iklan Ades versi “Langkah Kecil Memberikan
Perubahan” , Pesan Tersembunyi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN ADES VERSI “LANGKAH KECIL MEMBERIKAN PERUBAHAN” DALAM MENYINGKAP PESAN TERSEMBUNYI TENTANG KEPEDULIAN LINGKUNGAN HIDUP
Pengarang NUR RACHMANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua