Detail Cantuman Kembali
FURRY APRIANINGSIH - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Aprianingsih,Furry. 2015. Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA negeri 2 tahun pembelajaran 2014/2015. Samarinda. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pendidikan Biologi. Universitas Mulawarman.
Proses pembelajaran di sekolah pada umumnya pendidik kurang mengasah keterampilan berpikir kritis siswa. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting dalam pengambilan langkah untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Selain itu, keterampilan berpikir kritis dapat memicu siswa untuk mendalami materi sehingga hasil belajar biologi siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA negeri 2 tahun pembelajaran 2014/2015 pada materi sistem reproduksi. Populasi bersifat normal dan memiliki homogenitas yang sama sehingga pengambilan dua kelompok sampel menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Analisis tahap akhir, uji yang digunakan untuk membandingkan peningkatan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah uji t.
Hasil uji t menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, diperoleh t hitung (3,64) > t tabel (1,99), artinya peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil uji t peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa juga menunjukkan bahwa t hitung (3,43) > t tabel (2,02), sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Pengarang FURRY APRIANINGSIH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua