Detail Cantuman Kembali
Gusti Lis Hidayah - Personal Name

Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Samarinda Pada Materi Persamaan Garis Lurus Tahun Ajaran 2019/2020

Hidayah, Gusti L. 2020. Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Samarinda Pada Materi Persamaan Garis Lurus Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mulawarman.
Pembimbing: (I) Dr. H. Abd. Basir A., M.Si, (II) Drs. H. Kukuh M.Pd
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dan kualitatif, dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Samarinda tahun ajaran 2019/2020.
Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Samarinda tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi persamaan garis lurus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan jumlah 6 butir soal essay dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tidak mampu menyelesaikan masalah matematika pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Sebanyak 20 siswa atau 62,50% siswa termasuk kedalam kategori kurang sekali dalam menyelesaikan masalah matematika pada maeri persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Siswa belum mampu menyelesaikan masalah matematika pada materi persamaan garis lurus karena siswa tidak memahami masalah dengan baik, tidak mengetahui langkah-langkah dalam proses menyelesaikan masalah, tidak teliti melakukan perhitungan dalam proses penyelesaian masalah, tidak mengecek kembali hasil perhitungan sehingga salah menyimpulkan jawaban dan memerlukan waktu lama untuk menyelesaikan masalah tersebut serta siswa kurang berlatih dalam menyelesaikan masalah matematika.
Dalam hal ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Samarinda tahun ajaran 2019/2020 masih tergolong kurang sekali.

Kata Kunci : Kemampuan, Menyelesaikan Masalah Matematika, Persamaan Garis Lurus

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Samarinda Pada Materi Persamaan Garis Lurus Tahun Ajaran 2019/2020
Pengarang Gusti Lis Hidayah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI GUS k 2020
Subyek Kemampuan , Menyelesaikan Masalah Matematika, Pers
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua