Detail Cantuman Kembali
SRI MULYATI - Personal Name

ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS II MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE DI SDN 007 SUNGAI PINANG SAMARINDA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa kelas dua menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 007 Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda padasiswa kelas IIE, pengambilan data dilaksanakan selama 4 hari. Permasalahanyang terjadi saat ini adalah masih ada sebagian guru sekolah dasar yangmenggunakan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkankemampuan berbicara siswa, sehingga peneliti akan melaksanakanpembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Writemelalui kegiatan memprediksi buku cerita “Molly Si Orang Utan” dan “PesuMahakam”. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptidengan pendekatan studi deskriptif analitis yang bertujuan mendeskripsikanatau memberi gambaran terhadap situasi aktivitas pembelajaran di kelas IIdalam pembelajaran berbicara melalui model pembelajaran Think-TalkWrite melalui subjek penelitian sejumlah 6 (enam) orang siswa dengankategori siswa berkemampuan cepat berjumlah 2 (dua) orang, kategori siswaberkemampuan sedang berjumlah 2 (dua) orang, dan kategori siswa berkemampuan lambat berjumlah 2 (dua) orang. Sumber data dalampenelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran berbicara melalui model pembelajaran Think-Talk-Write yang terdiri dari sumber dataprimer dan sumber data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakanadalah triangulasi dan reduksi data yang menyimpulkan hasil penelitian terkaitdengan (hasil observasi wawancara, hasil lembar aktivitas siswa dan hasilpresentasi siswa). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasildokumentasi dan triangulasi pengumpulan data observasi dan wawancara selama proses pembelajaran berlangsung siswa yang menjadi subjekpenelitian, analisis data kemampuan berbicara siswa melalui wawancara yangtelah dilakukan bahwa kemampuan siswa dalam berbicara menyampaikan idegagasan, pertanyaan, perasaan melalui bahasa lisan dan tulisan baik denganteman dalam kelompoknya maupun dengan guru mengalami peningkatan. Darihasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaranThink-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas duasebagaimana yang sudah diuraikan pada paparan data temuan hasil penelitianbahwa hanya terdapat satu siswa yang dengan kategori lambat dan sedangsedangkan empat siswa lainnya dengan kategori cepat.
Kata Kunci: Kemampuan berbicara, Model Pembelajaran, Think-Talk- Write

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS II MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE DI SDN 007 SUNGAI PINANG SAMARINDA
Pengarang SRI MULYATI - Personal Name
No. Panggil TESIS SRI a 2020
Subyek Kemampuan berbicara, Model Pembelajaran Think Talk
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua