PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN PROSES PADA SISWA KELAS III SDN 004 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan menulis puisi pada siswa. Rumusan Penelitian ini yaitu, Bagaimana Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Pendekatan Proses Siswa Kelas III. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi melalui Pendekatan Proses pada Siswa Kelas III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung selam 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, subjek penelitian berjumlah 36 siswa. Permasalahan pada siklus akan ditindak lanjuti pada siklus berikutnya. Pengumpulan data dengan lembar observasi aktivitas dan hasil belajar siswa dengan pencapaian nilai KKM ketuntasan 70. Pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 65,14 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 68,89 jadi naik sebesar 5,76%, pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa 73,75 jadi naik sebesar 7,05% dari siklus II. Dan apabila kita melihat presentase hasil belajar siswa dapat di lihat bahwa siswa yang dapat mencapai ketuntasan nilai KKM terus meningkat dari 41,66% pada siklus I meningkat menjadi 75% pada siklus II dan terus meningkat menjadi 88.89% pada siklus III. Berdasarkan data siklus I, II dan III dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar melalui pendekatan proses siswa kelas III SDN 004 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019 meningkat.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN PROSES PADA SISWA KELAS III SDN 004 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | MULYANTO - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUL p 2020 |
Subyek | Kemampuan Menulis Puisi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY