Detail Cantuman Kembali
Apriliani nur asiah - Personal Name

Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian dermatitis kontak pada pedagang ikan di pangkalan pendratan ikan selili kota samarinda

Dermatitis akibat kerja adalah kelainan kulit yang terjadi pada saat atau setelah bekerja atau disebabkan oleh pekerjaan, Dermatitis kerap terjadi pada pekerja informal, yaitu seperti petugas sampah, pekerja industri tahu, cleaning service, dan pekerja pelelangan ikan, Pada hasil observasi awal beberapa pekerja mengalami gejala dermatitis kontak seperti gatal-gatal, kemerahan dan penebalan kulit pada telapak tangan pekerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan masa kerja, lama kontak, personal hygiene, dan penggunaan alat pelindung diri dengan kejadian dermatitis kontak pada pekerja pangkalan pendaratan ikan selili. Penelitian ini merupakan studi cross sectional, dilakukan pada bulan Juli-agustus 2019. Sampel berjumlah 68 responden pekerja pangkalan pendaratan ikan selili, diambil dengan totall sampling, analisis data menggunakan uji koefisien korelasi phi, alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner.
Ada hubungan antara lama kontak (p-value=0,004, personal hygiene (pvalue=0,001) dan penggunaan alat pelindung diri (p-value=0,001) dengan kejadian dermatitis kontak pada pekerja pangkalan pendaratan ikan selili.
Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara masa kerja (p-value=0,577) dengan kejadian dermatitis kontak pada pekerja pangkalan pendaratan ikan selili Kota Samarinda. Faktor lama kontak, personal hygien, penggunaan alat pelindung diri menjadi faktor utama yang berhubungan dengan dermatitis kontak pada pekerja pangkalan pendaratan ikan selili sedangkan faktor masa kerja bukan faktor yang berhubungan dengan dermatitis kontak.
Disarankan untuk membersihkan diri setelah selesai bekerja dan menggunakan alat pelindung diri.

Kata kunci : Dermatitis kontak, PPI, Pekerja.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian dermatitis kontak pada pedagang ikan di pangkalan pendratan ikan selili kota samarinda
Pengarang Apriliani nur asiah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI APR f 2020
Subyek Dermatitis kontak, ppi, pekerja
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Kesehatan masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua