Detail Cantuman Kembali
Muhammad Ghazali - Personal Name

Meningkatkan Pertumbuhan Benih Ikan Gurami (Osphronemus goramy) Melalui Metode Pemotongan Sirip Ekor



MUHAMMAD GHAZALI, 2020. Meningkatkan Pertumbuhan Benih Ikan Gurami (Osphronemus goramy) Melalui Metode Pemotongan Sirip Ekor. (Dibimbing oleh Sulistyawati dan Andi Nikhlani)
Ikan Gurami (Osphronemus goramy) merupakan jenis ikan air tawar ekonomis penting yang mengalami pertumbuhan relatif lambat dibandingkan jenis ikan air tawar lainnya. Oleh sebab itu, alternatif dalam budidaya ikan gurami untuk memacu pertumbuhan terus dilakukan. Satu diantaranya adalah melalui metode pemotongan sirip ekor, yang diharapkan dapat mempercepat laju pertumbuhan, sehingga diperoleh pertumbuhan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menganalisis pengaruh pemotongan sirip ekor terhadap pertumbuhan benih ikan gurami (Osphronemus goramy). Penelitian ini dilaksanakan di Unit Kolam Percobaan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan terdiri dari kontrol (tidak ada pemotongan), pemotongan sirip ekor 25%, dan pemotongan sirip ekor 50%.
Analisis yang digunakan adalah Analisis Sidik ragam dengan tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan Analisis Sidik Ragam, menunjukkan bahwa antar perlakuan pemotongan sirip ekor dengan kontrol memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan berat dan panjang, laju pertumbuhan spesifik, dan laju pertumbuhan harian. Pertumbuhan yang memberikan hasil tertinggi adalah pada perlakuan pemotongan sirip ekor 50%.
Kata kunci : Benih, Gurami, Pemotongan, Sirip Ekor, Metode ,Pertumbuhan


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Meningkatkan Pertumbuhan Benih Ikan Gurami (Osphronemus goramy) Melalui Metode Pemotongan Sirip Ekor
Pengarang Muhammad Ghazali - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH m 2020
Subyek Kata kunci : Benih, Gurami, Pemotongan, Sirip Ekor
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Budidaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua