Detail Cantuman Kembali
Miftah Farid - Personal Name

Pemanfaatan Tanaman Kiambang (Salvinia molesta) Terhadap CO2 di kolam pasca tambang batubara untuk budidaya ikan



MIFTAH FARID, 2020, Pemanfaatan Tanaman Kiambang (Salvinia molesta) terhadap Karbondioksida (CO2) di kolam Pasca Tambang Batubara untuk budidaya Ikan. (Dibimbing oleh Henny Pagoray dan Asfie Maidie).
Kualitas air pada kolam pasca tambang batu bara atau kolong yang digunakan masyarakat sebagai media budidaya ikan perlu diperhatikan kelayakannya. Karbondioksida bebas di perairan kolam pasca tambang batubara harus memenuhi standar agar dapat mendukung parameter kualitas air lainnya tetap seimbang. Pemanfaatan tanaman air diperkirakan akan memberi pengaruh terhadap kualitas air. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang diberikan kiambang (Salvinia molesta) terhadap karbondioksida bebas di perairan Kolam Pasca Tambang Batubara. Lokasi penelitian dilakukan di kolam pasca tambang batubara Loa Bahu, Kecamatan Sungai Kujang, Samarinda. Metode yang digunakan adalah membandingkan hasil uji t di waktu yang sama. Perlakuan terdiri dari karamba tanpa kiambang (k-0), dan karamba berisi kiambang yang ditimbang seberat 350 mg/m2.
Parameter yang diteliti yaitu karbondioksida bebas, oksigen terlarut, pH, suhu, hidrogen, sulfida, amonia, nitrit, nitrat. Analisis data menggunakan uji-t dan diperoleh hasil karbondioksida tidak berbeda nyata pada pagi hari antara kontrol (k-0) dengan penggunaan kiambang (k-1), untuk sore hari diperoleh hasil berbeda nyata dengan penggunaan kiambang (k-1) dengan perlakuan kontrol (k-0).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pemanfaatan Tanaman Kiambang (Salvinia molesta) Terhadap CO2 di kolam pasca tambang batubara untuk budidaya ikan
Pengarang Miftah Farid - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MIF p 2020
Subyek Pemanfaatan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan budidaya perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua