Detail Cantuman Kembali
Ayu Novrizia - Personal Name

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP UPAYA PELESTARIAN TAMAN NASIONAL KUTAI



AYU NOVRIZIA. Persepsi Masyarakat Terhadap Pelestarian Taman Nasional Kutai. (dibimbing oleh Syahrir Yusuf dan Bernaulus Saragih)
Kelestarian taman nasional sebagai suatu ekosistem sumberdaya alam sangat dipengaruhi oleh perubahan kondisi dan perkembangan dan perilaku sosial ekonomi masyarakat yang berada di sekitarnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi terkini tentang kawasan Taman Nasional Kutai, mengetahui persepsi atau pandangan masyarakat terhadap pelestarian Taman Nasional Kutai, mengetahui faktor-faktor yang mendorong masyarakat melakukan perladangan di dalam kawasan Taman Nasional Kutai.
Penelitian ini dilaksanakan di Taman Nasional Kutai, Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur dengan melibatkan berbagai kelompok responden dan dokumen atau laporan. Penentuan responden dilakukan dengan metode purpossive sampling atau secara sengaja sebanyak 30 kepala rumah tangga sebagai responden. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara yang dipandu kuesioner ke berbagai responden terpilih dan penelaahan sebagai dokumen yang relevan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif, sehingga memperoleh kesimpulan yang sesuai dengan tujuan.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa respon masyarakat sangat positif dengan adanya pelestarian Taman Nasional Kutai Seluruh responden masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Kutai baik masyarakat sekitar kawasan maupun wisatawan sangat mendukung pelestarian Taman Nasional Kutai. Bahkan masyarakat lokal menyatakan akan memberikan dukungan dalam bentuk kerjasama dan berpartisipasi dalam perencanaan terkait pelestarian kawasan Taman Nasional Kutai. Terakhir, faktor yang mendorong masyarakat melakukan perladangan di kawasan Taman Nasional Kutai yaitu faktor ekonomi yang sulit, dan juga faktor budaya/adat istiadat yang turun temurun dari orang tua masyarakat serta faktor sosial di sekitar masyarakat Taman Nasional Kutai.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP UPAYA PELESTARIAN TAMAN NASIONAL KUTAI
Pengarang Ayu Novrizia - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AYU p 2020
Subyek Persepsi Masyarakat, Upaya Pelestarian
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan KEHUTANAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua