Detail Cantuman Kembali
Andi Firmansyah - Personal Name

PERTUMBUHAN IKAN NILA GIFT (Oreochromis niloticus) YANG DIBERI PAKAN DENGAN PENAMBAHAN DOSIS VITAMIN B KOMPLEKS YANG BERBEDA

ABSTRAK
Andi Firmansyah. 2014. Pertumbuhan Ikan nila gift (Oroechromis niloticus) yang diberi pakan dengan penambahan dosis vitamin B kompleks yang berbeda (dibimbing oleh Henny Pagoray dan Sulistyawati).
Tujuan penelitian untuk mengetahui pertumbuhan Ikan nila gift (O.niloticus) yang diberi pakan dengan tambahan dosis vitamin B kompleks dan untuk mengetahui efisiensi pakan yang diberikan terhadap pertumbuhan Ikan nila gift (O. niloticus)
Penelitian ini dilakukan di laboratorium Toksikologi Perairan pada tanggal 20 mei – 18 juni 2014 dan analisis amoniak (NH-N3) dilakukan di laboratorium
Lingkungan Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UniversitasMulawarman Samarinda.
Benih ikan yang digunakan sebanyak 72 ekor berasal dari usaha pembenihan rakyat (UPR) desa Talangsari dengan berat rata-rata 2,1g dan panjang rata-rata 4cm dipelihara dalam akuarium berukuran 25cm x 25cm x 25cm selama 30 hari dengan system sirkulasi semi tertutup.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan yaitu pakan tanpa vitamin B kompleks (kontrol), pakan dengan vitamin B kompleks 0,3 % (P ), pakan dengan vitamin B kompleks 0,5% (P21), dan pakan dengan vitamin B kompleks 0,7% (P).
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penambahan vitamin B kompleks dalam pakan dengan dosis berbeda tidak memberikan pertumbuhan yang berbeda dengan pertumbuhan terbaik pada penambahan vitamin B kompleks 0,7% (P) yaitu brat rata-rata 0,72g dan panjang rata-rata 1,4cm, sedangakan pertumbuhan terendah pada perlakuan kontrol berat rata-rata 0,62g dan panjang rata-rata 1,1cm. Efisiensi pakan tidak berbeda pada setiap perlakuan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERTUMBUHAN IKAN NILA GIFT (Oreochromis niloticus) YANG DIBERI PAKAN DENGAN PENAMBAHAN DOSIS VITAMIN B KOMPLEKS YANG BERBEDA
Pengarang Andi Firmansyah - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua