Detail Cantuman Kembali
ANGGUN DWI RAHAYU - Personal Name

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERTANGGUNGJAWABAN BANK PENERBIT KARTU KREDIT PADA TINDAKAN TENAGA PENAGIH HUTANG (DEBT COLLECTOR) DALAM PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH

ABSTRAK
Anggun Dwi Rahayu, 1108015236, “TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERTANGGUNGJAWABAN BANK PENERBIT KARTU KREDIT PADA TINDAKAN TENAGA PENAGIH HUTANG (DEBT COLLECTOR) DALAM PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH” di bawah bimbingan bapak Deny Slamet Pribadi., SH., M.H selaku Pembimbing Utama dan Ibu Erna Susanti, SH., M.H selaku Pembimbing Pendamping.
Penyelesaian kredit bermasalah melalui jalur hukum tidak digunakan oleh bank karena memerlukan waktu yang lama serta membutuhkan biaya yang relative besar, untuk itu bank menggunakan tenaga penagih hutang (debt collector) untuk menyelesaikan hutang kartu kredit para nasabah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kedudukan hukum dari penggunaan tenaga penagih hutang (debt collector) pada bank penerbit kartu kredit dalam sistem perbankan dan pertanggungjawaban bank penerbit kartu kredit terhadap penggunaan tenaga penagih hutang (debt collector) yang melakukan kekerasan berdasarkan sistem perbankan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah normatif dengan teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studi kepustakaan dan perundang-undangan dengan proses analisis secara deskripsi kualitatif.
Dari hasil penelitian kedudukan hukum dari penggunaan tenaga penagih hutang (debt collector) sebagai pihak ketiga hanya berdasarkan surat kuasa atau surat tugas yang diberikan oleh bank penerbit kartu kredit dan bank yang memberikan wewenang kepada debt collector bertanggungjawab atas segala perbuatan yang dilakukan oleh debt collector sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kata Kunci: Hukum Perbankan, Debt Collector, Kartu Kredit

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERTANGGUNGJAWABAN BANK PENERBIT KARTU KREDIT PADA TINDAKAN TENAGA PENAGIH HUTANG (DEBT COLLECTOR) DALAM PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH
Pengarang ANGGUN DWI RAHAYU - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua