PENGARUH KREATIVITAS IKLAN DAN NEGARA ASAL TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MITSUBISHI XPANDER DI SAMARINDA
Sebagai pendatang baru di pasar mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle), Mitsubishi menyadari untuk melancarkan strategi pemasaran dan komunikasi yang jitu demi mencuri perhatian konsumen Indonesia.
Dengan mengusung produk Xpander, Mitsubishi telah menggelontorkan belanja iklan TVC (TV Commercial) sebesar Rp 25,21 miliar di sepanjang Agustus 2017. Dengan jumlah itu, Mitsubishi menempati peringkat kedua sebagai pembelanja iklan TVC tertinggi di sepanjang Agustus 2017. Strategi pemasaran yang dilakukan Mitsubishi mengantarkan Xpander sebagai mobil berjenis MVP paling laris sepanjang tahun 2018, mengalahkan dominasi Toyota Avanza yang telah menguasai pasar selama 10 tahun terakhir.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara kreativitas iklan dan negara asal terhadap niat beli dan keputusan pembelian. Model diuji melalui penggunaan metodologi persamaan struktural, Structural Equation Modelling (SEM)-Parsial Least Squares (PLS). Data empiris diambil dari 85 responden pemilik mobil Mitsubishi Xpander. Metode kuesioner dan teknik convenience sampling digunakan dalam mengumpulkan data. Analisis data dengan statistik deskriptif dan analisis model persamaan struktural digunakan untuk menguji model hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas iklan dan negara asal memiliki pengaruh positif terhadap niat beli dan keputusan pembelian dengan tingkat signifikan statistik 0,05.
Kata Kunci: Kreativitas Iklan, Negara Asal, Niat Beli, Keputusan Pembelian.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KREATIVITAS IKLAN DAN NEGARA ASAL TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MITSUBISHI XPANDER DI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | TRIPA ANNUR FALAH - Personal Name |
No. Panggil | TESIS TRI p 2020 |
Subyek | : Kreativitas Iklan, Negara Asal, Niat Beli, Keput |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | MANAJEMEN PEMASARAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY