Detail Cantuman Kembali
ALIF RIZKY UTAMA - Personal Name

IDENTIFIKASI JENIS-JENIS HERPETOFAUNA PADA KAWASAN GAMBUT DESA MUARA SIRAN KUTAI KARTANEGARA KALIMANTAN TIMUR



ALIF RIZKY UTAMA. Identifikasi Jenis-Jenis Herpetofauna Pada Kawasan Gambut Desa Muara Siran Kutai Kartanegara Kalimantan Timur (dibimbing oleh Candradewana Boer dan Rachmad Budiwijaya Suba).

Hutan rawa gambut Kalimantan sangat penting sebagai penyangga hidrologi, penyerap karbon, tetapi juga merupakan tempat tinggal bagi berbagai jenis flora dan fauna, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis herpetofauna pada tiga lokasi pada Kawasan Gambut Desa Muara Siran, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2019 dilakukan pada tiga lokasi penelitian yaitu Sungai Kanik, Sungai Sebelanja, dan Sepinang. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan langsung atau Visual Encounter Survey (VES) (Heyer et al. 1994). Jalur pengamatan sepanjang 200 meter dilaksanakan pada malam hari (20.00-22.00 WITA).
Jumlah seluruh herpetofauna yang ditemukan pada tiga lokasi penelitian sebanyak 13 jenis. Jumlah jenis amfibi yang ditemukan sebanyak 8 jenis dan reptil sebanyak 6 jenis, tercatat ada 3 jenis reptil ditemukan di luar jam pengamatan. Pulcharana baramica merupakan jenis yang sering hadir dan ditemukan pada tiga lokasi penelitian yang merupakan kelompok amfibi sedangkan kelompok reptil adalah jenis Cyrtodactylus malayanus ditemukan pada dua lokasi penelitian. Famili Rhacophoridae mempunyai jumlah jenis terbanyak yaitu 3 jenis amfibi, sedangkan famili terbanyak pada kelompok reptil adalah Agamidae dan Colubridae yang masing-masing 2 jenis. Jenis herpetofauna yang mendapatkan perhatian IUCN dengan status NT (Hampir Punah) adalah jenis Cyclemys dentate, VU (Rentan) untuk jenis Coura amboinensis kedua jenis merupakan kura-kura air yang sering terperangkap dalam alat tangkap ikan masyarakat, jenis tersebut dan beberapa jenis reptil sering dimanfaatkan secara ekonomis dan menurut pendapat masyarakat kedua jenis tersebut masih cukup banyak terdapat di Hutan Gambut Desa Muara Siran.

Kata Kunci: Herprtofauna, Amfibi, Reptil, Gambut. Desa Muara Siran Kutai Karta Negara Kalimantan Timur.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IDENTIFIKASI JENIS-JENIS HERPETOFAUNA PADA KAWASAN GAMBUT DESA MUARA SIRAN KUTAI KARTANEGARA KALIMANTAN TIMUR
Pengarang ALIF RIZKY UTAMA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ALI i 2020
Subyek Keanekaragaman Hayati, Informasi, Tanaman Obat, Ka
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan Kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua