Detail Cantuman Kembali
Mastiani - Personal Name

Karakteristik Perifiton Pada Daun Lamun (Enhalus acoroides) di Perairan Sapa Segajah Kota Bontang Kalimantan Timur

Mastiani 2020, Karakteristik Perifiton pada Daun Lamun Enhalus acoroides di Perairan Sapa Segajah Kota Bontang (dibimbing oleh Lily Inderia Sari dan Nurfadilah)

Perifiton merupakan organisme yang dapat hidup melekat pada permukaan daun lamun. Organisme perifiton mempunyai peranan penting dalam penyedia produktivitas perairan, karena dapat melakukan proses fotosintesis yang dapat membentuk zat organik dari zat anorganik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai kompsisi dan karakteristik perifiton yang tumbuh pada daun lamun Enhalus acoroides serta sebagai sumber data dan informasi baru bagi peneliti selanjutnya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - April 2019, sampling perifiton diambil secara acak di 3 Stasiun kemudian diidentifikasi di Laboratorium kualitas air. Hasil penelitian didapatkan identifikasi perifiton terdapat 8 kelas terdiri dari 19 genus yaitu Bacillariophyceae, Cyanophyceae, Conjugatophyceae, Dinophyceae, Tubulinea, Ulvophyceae, Olighymenophorea dan Zygnematophyceae. Jumlah komposisi perifiton pada zona subtidal yaitu 1100 sel/L dan yang mendominansi dari kelas Bacillariophyceae yaitu jenis Nitzschia longissima dengan persentase 7,54% dan jumlah komposisi perifiton pada zona intertidal yaitu 1123 sel/L jenis Bacillaria paradoxa dengan persentase 9,83%.

Kata Kunci : Perifiton, Enhalus acoroides, Sapa Segajah, Kota Bontang

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Karakteristik Perifiton Pada Daun Lamun (Enhalus acoroides) di Perairan Sapa Segajah Kota Bontang Kalimantan Timur
Pengarang Mastiani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAS k 2020
Subyek Perifiton, Enhalus acoroides, Sapa Segajah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua