Detail Cantuman Kembali
NURHANA - Personal Name

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Teknik Parafrase pada Siswa Kelas XI MAN 2 Samarinda

Nurhana, NIM 1805076008, Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Teknik Parafrase pada Siswa Kelas XI MAN 2 Samarinda. Tesis. (Pembimbing I, Prof. Dr. Mohammad Siddik, M.Pd. dan Pembimbing II, Dr. Ahmad Ridhani, M.Pd.). Samarinda: Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Mulawarman.

Tujuan pengembangan penelitian ini antara lain: 1) mengembangkan bahan ajar menulis cerpen dengan teknik parafrase, 2) melaksanakan pembelajaran menulis cerpen dengan teknik parafrase, 3) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar menulis cerpen dengan teknik parafrase. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model reflektif, rekursif, desain, dan developmen (R2D2) rancangan Willis. Metode yang digunakan ini untuk menghasilkan suatu produk dan menguji kelayakan produk yang berupa bahan ajar menulis cerpen dengan teknik parafrase pada siswa kelas XI MAN 2 Samarinda
Hasil pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan teknik parafrase divalidasi oleh ahli materi/isi yang memberi skor rata-rata 92,04% dan validasi ahli bahan ajar diperoleh skor rata-rata 95%. Dari hasil validasi para ahli tersebut diperoleh hasil skor rata-rata 93,52% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, bahan ajar yang dihasilkan sangat layak digunakan oleh siswa kelas XI. Selanjutnya, melaksanakan pembelajaran menulis cerpen dengan teknik parafrase melalui penilaian perencanaan yang dilakukan oleh pengamat 1 yang memberi skor rata-rata 80% dan pengamat 2 memberi skor rata-rata 93,33%. Pelaksanaan pembelajaran diberi skor rata-rata 81,73% oleh pengamat 1 dan pengamat 2 memberi skor rata-rata 86,08%. Dari skor rata-rata yang diberikan oleh pengamat 1 dan 2 menyatakan pembelajaran berlangsung dengan sangat baik. Adapun kelayakan bahan ajar menulis cerpen dengan teknik parafrase dapat dilihat dari hasil uji coba kelompok kecil pretes dengan nilai rata-rata 67,8 dan postes 86,7 dan uji coba lapangan dengan nilai rata-rata 73,75 dan postes dengan nilai rata-rata 88,18% dengan kategori sangat layak.
Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai capaian sebelum dan sesudah menggunakan pengembangan. Untuk pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dilakukan secara efektif dan efesien. Penilaian kelayakan bahan ajar ini meliputi validasi kelayakan materi/isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahan ajar yang meliputi kebahasaan dan kegrafikan. Kelayakan juga ditandai oleh keberhasilan dalam pelaksanaan pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan menggunakan pengembangan bahan ajar sesuai dengan perencanaan yang telah dirancang sebelumnya.

Kata kunci: bahan ajar, cerpen, teknik parafrase

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Teknik Parafrase pada Siswa Kelas XI MAN 2 Samarinda
Pengarang NURHANA - Personal Name
No. Panggil TESIS NUR p 2020
Subyek bahan ajar, cerpen, teknik parafrase
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua