Detail Cantuman Kembali
Nanda Anggun Wahyuni - Personal Name

METODE HIERARCHICAL DENSITY-BASED SPATIAL CLUSTERING OF APPLICATION WITH NOISE (HDBSCAN) PADA WILAYAH DESA/KELURAHAN TERTINGGAL DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Studi Kasus : Data Hasil Pendataan Potensi Desa (PODES) Tahun 2018)

Daerah tertinggal umumnya adalah daerah kabupaten yang kondisinya relatif kurang berkembang dibandingkan daerah lain dalam skala nasional. Penentuan desa tertinggal seringkali dilakukan dalam rangka menetapkan penyaluran bantuan pemerintah agar bantuan tersebut dapat disalurkan dengan tepat. Identifikasi daerah tertinggal dilakukan berdasarkan sarana, prasarana, akses, sosial, penduduk serta ekonomi disediakan dalam data Potensi Desa (PODES). Konsep pengelompokkan berbasis wilayah atau spasial dilakukan untuk mengetahui karakteristik tertentu pada suatu daerah. HDBSCAN adalah konsep pengelompokkan dengan menggunakan parameter Mpts. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui banyak cluster yang terbentuk pada pengelompokkan wilayah desa/kelurahan tertinggal di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan metode HDBSCAN. Parameter Mpts yang digunakan adalah 2 sampai dengan 6. Berdasarkan hasil analisis cluster yang terbentuk pada pengelompokkan desa/kelurahan tertinggal di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan menggunakan metode HDBSCAN adalah sebanyak 3 cluster. Cluster 0 beranggotakan 19 desa/kelurahan, cluster 1 beranggotakan 4 desa/kelurahan sedangkan cluster 2 beranggotakan 61 desa/kelurahan. Berdasarkan analisis, desa/kelurahan yang masuk dalam cluster 1 bisa menjadi sasaran utama pemerintah dalam memberikan bantuan dan pembangunan sarana/prasarana daerah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul METODE HIERARCHICAL DENSITY-BASED SPATIAL CLUSTERING OF APPLICATION WITH NOISE (HDBSCAN) PADA WILAYAH DESA/KELURAHAN TERTINGGAL DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Studi Kasus : Data Hasil Pendataan Potensi Desa (PODES) Tahun 2018)
Pengarang Nanda Anggun Wahyuni - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAN m 2020
Subyek Pengelompokkan, Ketepatan Klasifikasi.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Matematika/Statistika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua