Detail Cantuman Kembali
Ahmad Sulaiman - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri 019 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020

AHMAD SULAIMAN. 2020, Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SDN 019 Samarinda Ulu, Skripsi dibimbing oleh (1) Drs. H. La Djangka, M.Pd dan (2) Sukriadi, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, bangun ruang, Problem Based Learning
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi bangun ruang kelas V SDN 019 Samarinda Ulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang menggunakan model Problem Based Learning pada siswa kelas V SDN 019 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020?. Maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun ruang menggunakan model Problem Based Learning pada siswa kelas V SDN 019 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2020 s/d 13 Februari 2020 di SDN 019 Samarinda Ulu dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa dan objek penelitian adalah hasil belajar matematika tentang bangun ruang dengan model Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan nilai rata-rata, dan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus memperoleh rata-rata kelas 53,86 dengan persentase ketuntasan 40,9% predikat Sangat Kurang. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 12,66% dari nilai dasar pada pra siklus, dengan rata-rata klasikal 60,68 dengan persentase ketuntasan 40,9% predikat Kurang. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 38,60% dari nilai dasar pada pra siklus, dengan rata-rata klasikal 74,65 dengan persentase ketuntasan 68,18 predikat Cukup. Hasil belajar siswa pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 51,57%% dari nilai dasar pada pra siklus, dengan rata-rata klasikal 81,72 dengan persentase ketuntasan 90,91% predikat baik. Indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 75% tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun ruang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SD Negeri 019 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri 019 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020
Pengarang Ahmad Sulaiman - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AHM p 2020
Subyek PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMB
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua