Detail Cantuman Kembali
M. Nahwan Ilyas - Personal Name

Struktur Komunitas Plankton di Air Terjun Sampai KM.3, Desa Selerong, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara

Plankton merupakan organisme akuatik yang memegang peranan penting dalam produktivitas perairan. Plankton memiliki kepekaan terhadap perubahan faktor fisika dan kimia perairan sehingga dapat dijadikan sebagai indikator biologis untuk mengevaluasi kualitas dan tingkat kesuburan suatu perairan. Penelitian tentang Struktur Komunitas Plankton di Air Terjun Sampai Km.3 Desa Selerong, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara telah dilaksanakan pada bulan Juni – Juli 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur komunitas plankton di Air Terjun Sampai KM.3 Desa Selerong, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data yang diperoleh diolah dan disjikan dalam bentuk kelimpahan plankton, indeks keanekaragaman, indeks keseragaman, dan indeks dominansi. Selama penelitian diperoleh kecerahan berkisar antara 0,34 – 0,44 m. termasuk dalam kategori perairan keruh, suhu berkisar antara 27°C-28°C menunjukkan kisaran suhu yang optimal untuk pertumbuhan plankton, kandungan oksigen terlarut (DO) berada dalam rentang 5,56 – 6,36 mg/L yang sangat mencukupi untuk pertumbuhan organisme perairan termasuk plankton. Plankton yang ditemukan berkisar 4.350 – 6.500 individu/Liter yang tergolong kedalam 9 kelas fitroplankton yaitu Bacillariophyceae, Chlorophyceae, Coscinodiscophyceae, Cyanophyceae, Florideophyceae, Mediophyceae, Trebouxiophyceae, Ulvophyceae, Zygnematophyceae dan 7 kelas Zooplankton yaitu Branchiopoda, Cilliatea, Euglenophyceae, Eurotatoria, Malacostraca, Maxillopoda, Tubulinea, dan 2 jenis yang belum teridentifkasi (Unidentified Spesies). Indeks Keanekaragaman (H’) berkisar 3,18 – 3,38 yang termasuk kedalam kategori sedang. Indeks Keseragaman (E) berada dalam rentang 0,87 – 0,92 Maka dari nilai indeks ini dapat diketahui bahwa penyebaran individu sama dan merata. Indeks dominansi (D) berkisar 0,05 -0,07, nilai ini menunjukkan bahwa disemua stasiun tidak ada jenis plankton yang mendominansi perairan air terjun ini.

Kata Kunci: Perairan tawar, Air Terjun, Plankton, Air Terjun Sampai KM.3 Desa Selerong Kec.Sebulu Kab. Kutai Kartanegara.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Struktur Komunitas Plankton di Air Terjun Sampai KM.3, Desa Selerong, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara
Pengarang M. Nahwan Ilyas - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MNA s 2020
Subyek Struktur Komunitas
Plankton
Air Terjun Sampai KM.3
Desa Selerong
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua