Detail Cantuman Kembali
Mairatus Sholikah - Personal Name

UJI ANTAGONIS CENDAWAN PATOGEN PENYEBAB PENYAKIT BUSUK BUAH CABAI MERAH KERITING (Capsicum annum L.) MENGGUNAKAN CENDAWAN INDIGENOUS TANAH KEBUN LEMPAKE SAMARINDA

Tanaman cabai merupakan tanaman komoditas yang dikonsumsi di dalam negeri maupun di luar negeri. Jenis tanaman cabai yang cukup penting di Indonesia adalah cabai merah keriting (Capsicum annum L.). Salah satu daerah penghasil cabai ialah Kalimantan Timur yang tersebar di 10 kabupaten/kota.
Hal ini membuktikan bahwa Provinsi Kalimantan Timur cukup potensial untuk pengembangan tanaman cabai. Produksi tanaman cabai di kebun Lempake Samarinda sering mengalami penurunan karena adanya serangan penyakit pada buah yang antara lain disebabkan oleh cendawan patogen.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui jenis cendawan indigenous rhizosfer yang diisolasi dari tanah kebun cabai dan jenis cendawan penyebab penyakit busuk buah cabai. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui kemampuan daya hambat cendawan indigenous rhizosfer terhadap cendawan patogen buah cabai yang diisolasi dari kebun Lempake, Samarinda. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah uji daya hambat antagonis antara cendawan indigenous rhizosfer dan cendawan patogen.
Untuk metode yang digunakan di lapangan adalah metode sampling acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis cendawan indigenous hizosfer yang berhasil diisolasi dan diidentifikasi yaitu Trichoderma harzianum, Aspergillus niger, dan Paecilomyces lilacinus serta 3 jenis cendawan patogen busuk buah cabai yaitu, Fusarium oxysporum, Fusarium acuminatum, dan Paecilomyces lilacinus. Cendawan indigenous rhizosfer dinyatakan berpotensi sebagai agen pengendali terhadap cendawan patogen buah cabai merah keriting di kebun Lempake, Samarinda. Trichoderma harzianum dan Aspergillus carneus memiliki potensi tertinggi dengan presentase nilai 70-82,61%, sedangkan Aspergillus niger memiliki potensi terendah dengan presentase nilai 57-66,67%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UJI ANTAGONIS CENDAWAN PATOGEN PENYEBAB PENYAKIT BUSUK BUAH CABAI MERAH KERITING (Capsicum annum L.) MENGGUNAKAN CENDAWAN INDIGENOUS TANAH KEBUN LEMPAKE SAMARINDA
Pengarang Mairatus Sholikah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAI u 2020
Subyek uji antagonis
cendawan indegenous
cendawan patogen
Cabai merah kertiting (Capsicum annum)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua