Detail Cantuman Kembali
Tisiana Rizka D. - Personal Name

ANALISIS SEKTOR EKONOMI BASIS DAN NON BASIS UNGGULAN DI KOTA SAMARINDA

ABSTRAK
Tisiana Rizka D., Analisis Basis dan Non Basis Kota Samarinda di bawah bimbingan dosen pembimbing yaitu Bapak Warsilan dan Bapak Irwan Gani.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sektor ekonomi yang menjadi Basis dan Non Basis di Samarinda periode tahun 2007 – 2011 melalui pendekatan Tenaga Kerja dan melalui pendekatan PDRB.
Dalam penulisan dan pengambilan data, penulis mengambil objek penelitian di Kota Samarinda, dengan mengambil data sekunder yang diperoleh dari instansi – instansi terkait seperti BPS Kota Samarinda.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 20.
Dilihat dari analisis Location Quotient untuk kontribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas harga konstan di Kota Samarinda tahun analisis 2007 – 2011, komponen jumlah dari analisis Location Quotient menunjukkan nilai positif dari 6 sektor ekonomi dengan rata – rata : sektor Listrik, Gas dan Air Minum 3,7455, Bangunan 1,5372, Perdagangan, Hotel dan Restoran 3,1133, Pengangkutan dan Telekomunikasi 2,0538, Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan 3,8391, dan Jasa – Jasa 6,0357.
Dilihat dari hasil analisis Location Quotient untuk penyerapan tenaga kerja di Kota Samarinda tahun analisis 2007 – 2011. Jumlah dari analisis Location Quotient menunjukkan bahwa yang menjadi sektor basis atau paling banyak menyerap tenaga kerja adalah Pertambangan dan Penggalian dengan rata – rata 1,4050, Industri Pengolahan dengan rata – rata 5,6561, Listrik, Gas dan Air Minum dengan rata – rata 2,6137, Bangunan dengan rata – rata 2,0183, Pengangkutan dan Telekomunikasi dengan rata – rata 1,1048, dan Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan dengan rata – rata 2,6896 atau >1.
Ditinjau dari pendekatan Nilai Tambah dan Tenaga Kerja Listrik, Gas dan Air Minum, Bangunan, Pengangkutan dan Telekomunikasi, dan Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan memiliki persamaan berada pada sektor basis karena memiliki nilai Location Quotient > 1, berarti sektor – sektor ini lah yang menjadi sektor basis di Kota Samarinda.
Kata Kunci : Sektor Ekonomi, Basis, Non Basis

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS SEKTOR EKONOMI BASIS DAN NON BASIS UNGGULAN DI KOTA SAMARINDA
Pengarang Tisiana Rizka D. - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua