Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Wujud Benda tema Pada Peristiwa Dalam Kehidupan melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN 004 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020
Yuli Karmila, 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN 004 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pembimbing I Dr. H. Ahmad Ridhani, M.Pd dan Pembimbing II Rosita Putri Rahmi Haerani, M.Pd Kata Kunci: Hasil belajar IPA, wujud benda, perubahan wujud benda, Talking Stick. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 004 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020 khususnya pada muatan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud benda pada tema peristiwa dalam kehidupan melalui model pembelajaran Talking Stick di Sekolah Dasar Negeri 004 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020?” Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SDN 004 samarinda Ulu kelas V yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA tentang perubahan wujud benda melalui model Talking Stick. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar setiap siklusnya. Pada pra siklus ketuntasan belajar siswa 32%, pada siklus I meningkat menjadi 46.87% dengan predikat kurang, pada siklus II meningkat menjadi 71% predikat kurang dan pada siklus III meningkat menjadi 87.50% dengan predikat baik dan telah mencapai KKM 70 serta telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 75% dari jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud benda melalui model Talking Stick pada siswa kelas V SDN 004 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Wujud Benda tema Pada Peristiwa Dalam Kehidupan melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN 004 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | Yuli Kamila - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YUL p 2020 |
Subyek | Model Pembelajaran Talking Stick |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY