Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Logaritma Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 9 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020
Saban, Fransiskus Rian, 2020. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Logaritma Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 9 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. Berahman, M.Si dan (II) Drs. H. Haeruddin, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan dan pertidaksamaan logaritma di kelas X MIA 1 SMA Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 di SMA Negeri 9 Samarinda dan objek penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan dan pertidaksamaan logaritma dan penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, tes tertulis, dokumen, dan wawancara kepada siswa yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal tes tertulis.
Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data tes tertulis adalah mengumpulkan sampel, mengindentifikasi dan menjelaskan kesalahan, mengklasifikasi kesalahan, dan mengevaluasi kesalahan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data tes tertulis dan wawancara adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Setelah itu dilakukan pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi dengan mewawancarai guru matematika peminatan kelas X MIA SMA Negeri 9 Samarinda dan membandingkan hasil tertulis dan wawancara dengan hasil observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan dan pertidaksamaan logaritma jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan membaca sebesar 15%, kesalahan memahami sebesar 30%, kesalahan transformasi sebesar 51%, dan kesalahan keterampilan proses sebesar 4%. Faktor internal penyebab kesalahan tersebut terjadi antara lain tidak teliti dalam berhitung, tidak berani bertanya jika ada materi yang terlewat dan belum dipahami, tidak menguasai materi prasyarat, motivasi belajar siswa masih rendah, dan sulit berkonsetrasi dalam kondisi tertentu. Sedangkan faktor eksternalnya adalah ruangan kelas yang kadang tidak kondusif dan sumber belajar yang belum cukup.
Kata kunci: Faktor penyebab, jenis kesalahan, persamaan dan pertidaksamaan logaritma
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Logaritma Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 9 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | Fransiskus Rian Saban - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FRS a 2020 |
Subyek | Persamaan dan Pertidaksamaan Logaritma |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY