Detail Cantuman Kembali
Firman Saleh - Personal Name

Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Samarinda Nomor 6 Tahun 2015 Dalam Pedoman Standar Pelayanan dan Etika Pelayanan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda (Studi Kasus di Kelurahan Sempaja Barat Kecamatan Samarinda Utara)

Firman Saleh, 2018. Program Magister Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Samarinda Nomor 6 Tahun 2015 Dalam Pedoman Standar Pelayanan dan Etika Pelayanan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda (Studi Kasus di Kelurahan Sempaja Barat Kecamatan Samarinda Utara), Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si., selaku Ketua Komisi Pembimbing, dan Dr. H. M. Jamal Amin, M.Si., selaku Anggota.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kebijakan Peraturan Walikota Samarinda Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pedoman Standar Pelayanan dan Etika Pelayanan Penyelengaraan Pelayanan Publik di Kelurahan Sempaja Barat beserta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat. Penelitian dilakukan di Kelurahan Sempaja Barat Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur Jalan A.W. Syahrani 4 Blok C No.11 RT.02 Samarinda. Jenis penelitian deskriftif kualitatif menggunakan analisis data model interaktif Miles & Huberman (1992).
Hasil penelitian berdasarkan Implementasi Peraturan Walikota Samarinda Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pedoman Standar Pelayanan dan Etika Pelayanan Penyelengaraan Pelayanan Publik di Kelurahan Sempaja Barat secara umum sudah berjalan baik, dimana pelayanan kepada masyarakat mulai dari urusan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, administrasi kependudukan, catatan sipil, agraria dan lain sebagainya. Beberapa hasil penelitian di Kelurahan Sempaja Barat adalah (1) Komunikasi dalam sosialisasi pelayanan kepada masyarakat di Kelurahan Sempaja Barat sudah sangat memahami mekanisme pelayanan yang telah menjadi SOP,. (2) Sumberdaya perangkat organisasi Kelurahan Sempaja Barat sudah memadai namun belum maksimal dari segi pelaksanaannya, karena keterbatasan sarana/prasarana, (3) Sikap (disposisi) dan konsistensi aparat telah berjalan sesuai harapan sehingga pelaksanaan pelayanan dapat berjalan optimal, (4) Struktur birokrasi berkompeten langsung terhadap pelayanan publik dan dari segi mekanisme pelaksanaannya sudah jelas, namun masih membutuhkan konsistensi yang berkesinambungan. Faktor pendukung utama dalam pelaksanaan pelayanan publik adalah bahwa aparat kelurahan memiliki tanggungjawab yang besar dalam pencapaian hasil maksimal. Sedangkan faktor penghambat adalah penyediaan sarana dan prasarana dikarenakan Kantor Kelurahan Sempaja Barat sampai saat ini masih dalam keadaan menyewa, disamping peningkatan sarana dan prasarana pengadaan mobil jabatan, pengadaan kendaraan dinas/operasional, pengadaan perlengkapan gedung kantor, pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional, pemeliharaan rutin/berkala perlengkapan gedung kantor.

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pedoman Standar Pelayanan dan Etika Pelayanan Penyelengaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda, Kelurahan Sempaja Barat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Samarinda Nomor 6 Tahun 2015 Dalam Pedoman Standar Pelayanan dan Etika Pelayanan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda (Studi Kasus di Kelurahan Sempaja Barat Kecamatan Samarinda Utara)
Pengarang Firman Saleh - Personal Name
No. Panggil
Subyek Implementasi Kebijakan, Pedoman Standar Pelayanan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit MAGISTER ILMU ADMINISTRASI NEGARA
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua