Detail Cantuman Kembali
Dana Asmara Putri - Personal Name

Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 010 Sambutan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 010 Sambutan Tahun Pembelajaran 2018/2019 Dana Asmara Putri, 2019. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 010 Sambutan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dibimibing oleh Dra. Hj. Warsinah, M.Pd sebagai dosen pembimbing I dan Drs. Nicodemus Sere, M.Pd sebagai dosen pembimbing II.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar Matematika, Faktor Penyebab Kesulitan Belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 010 Sambutan tahun pembelajaran 2018/2019 khususnya pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa kelas V SDN 010 Sambutan dan faktor – faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 010 Sambutan, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda dan subyek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas V SDN 010 Sambutan meliputi yaitu kesulitan memahami konsep operasi bilangan pecahan, kesulitan dalam menggunakan operasi aritmatika ( +, - , x , ) pada bilangan bulat, kesulitan dalam menggunakan dua dari empat operasi aritmatika ( +, - , x , ) dalam satu operasi, salah dalam melakukan perhitungan, kesulitan dalam melakukan pemecahan masalah pada soal cerita, serta kesulitan dalam memahami maksud soal terutama pada soal cerita. Sementara faktor penyebab kesulitan belajar matematika meliputi faktor internal yaitu minat dengan kategori cukup berpengaruh (38,4%), motivasi dengan kategori cukup berpengaruh (47%), intelegensi dengan kategori berpengaruh (53,4%), dan kondisi fisik dan mental siswa dengan kategori tidak berpengaruh (14,5%). Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa adalah guru dan lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 32 siswa dari 40 siswa kelas V mengalami kesulitan belajar dengan kategori sangat tinggi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 010 Sambutan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Pengarang Dana Asmara Putri - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kesulitan Belajar Matematika, Faktor Penyebab Kesu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua