Detail Cantuman Kembali
Iin Jaspyah Saputri - Personal Name

Bentuk Dan Makna Kontekstual Register Videografi Dalam Acara Cam-On TRANS7

IIN JASPYAH SAPUTRI, 2019. Bentuk dan Makna Kontekstual Register Acara TV Cam-On di Trans7. Tugas akhir Jenjang S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pembimbing I Drs. M. Rusydi Ahmad, M.Hum. dan Tri Indrahastuti, S.Sn., M.Sn. selaku pembimbing II.

Kata Kunci : Bentuk & Makna Kontekstual, Register, Videografi

Latar belakang penelitian ini adalah semakin maraknya penggunaan istilah asing di Indonesia dalam berbagai bidang kegiatan manusia yang masih belum ada kata padanannya dalam bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk dan makna kontekstual pemakaian register videografi pada segmen Jurus Jitu Ala Cam-on dalam acara Cam-on di Trans7. Manfaat penelitian ini secara teoritis adalah diharapkan dapat menambah pengembangan ilmu yang berkaitan akan kajian sosiolinguistik dalam menganalisis register dalam bidang videografi dan dapat digunakan sebagai acuan penelitian sosiolinguistik selanjutnya yang berkaitan dengan register, sedangkan manfaat praktis penelitian ini adalah memberikan pemahaman kepada pembaca bentuk dan makna kontekstual register bidang videografi.
Penelitian ini adalah bersumber pada tuturan lisan dalam acara Cam-On di Trans7. Teknik yang dilakukan dalam mengumpulkan data adalah teknik simak atau observasi dengan teknik lanjutan berupa teknik rekam, teknik simak bebas cakap dan teknik catat. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan teknik BUL yaitu dengan membagi kategori leksikal data yang diperoleh menjadi beberapa bagian atau unsur, dan unsur-unsur yang bersangkutan dipandang sebagai bagian yang langsung membentuk satuan lingual yang dimaksud dan data yang diperoleh akan dilakukan dengan membagi unsur berupa kata dan frasa.
Dari penelitian dalam acara Cam-on Trans7 pada segmen Jurus Jitu Ala Cam-on 2017 ini diperoleh hasil penelitian sebagai pada tuturan dalam segmen Jurus Jitu Ala Cam-on ditemukan kategori leksikal berupa kata tunggal berupa nomina, verba, dan adjektiva; berupa kata kompleks berupa afiksasi, singkatan dan akronim; dan berupa frasa nomina, verba, dan adjektiva. Ditemukan juga makna kontekstual berdasarkan konteks situasi yang meliputi field, tenor, dan mode

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Bentuk Dan Makna Kontekstual Register Videografi Dalam Acara Cam-On TRANS7
Pengarang Iin Jaspyah Saputri - Personal Name
No. Panggil
Subyek Bentuk & Makna Kontekstual, Register, Videografi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua