PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PERSENTASE MELALUI PENDEKATAN KOMPUTASI MENTAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH 4 TERPADU SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan mendeskripsikan pembelajaran matematika tentang persentase melalui pendekatan komputasi mental pada tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar dalam upaya meningkatkan kemampuan matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda. Data dalam penelitian ini mencakup data proses dan hasil tindakan yang diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi selama dilakukan tindakan. Analisa data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, perencanaan pembelajaran matematika meningkat. Hasil analisis perencanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 75,00, siklus II sebesar 87,50 dan siklus III sebesar 96,88. Kedua pelaksanaan pembelajaran matematika meningkat. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 55,73, siklus II sebesar 85,00 dan siklus III sebesar 95,30. Ketiga kemajuan belajar peserta didik menunjukkan hasil belajar matematika meningkat. Hasil belajar matematika pada siklus I sebesar 73,53, siklus II 79,66 dan siklus III sebesar 95,00.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PERSENTASE MELALUI PENDEKATAN KOMPUTASI MENTAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH 4 TERPADU SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | LUTFIATUL KHOIROH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | pembelajaran, persentase, komputasi mental |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | MAGISTER KEPENDIDIKAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY