Detail Cantuman Kembali
WIWIN WINDHIARTY - Personal Name

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SEBULU

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan produk media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sebulu, (2) menyusun
rencana pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks menggunakan media adobe flash, (3) mengaplikasikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks menggunakan media adobe flash, (4) mengetahui
efektivitas pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks menggunakan media adobe flash. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model Brog dan Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sebulu.Instrumen penelitian menggunakan angket untuk ahli materi, ahli media, dan siswa. Instrumen RPP menggunakan APKG I. Instrumen pelaksanaan pembelajaran menggunakan APKG II. Instrumen efektivitas penggunaan media adobe flash menggunakan tes objektif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Analisis yang dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif menggunakan konversi skala 4.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) penelitian pengembangan media berbasis adobe flash telah berhasil dilakukan dengan menghasilkan sebuah produk multimedia dalam bentuk CD (Compact Disk) yang telah layak digunakan oleh ahli materi, ahli media, dan guru bahasa Indonesia sebagai sumber belajar dan alat bantu pembelajaran pada materi menulis teks eksplnasi kompleks. (2) Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan oleh validator 1 dan validator II mengenai pengembangan perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) diperoleh skor rata-rata 3,64 dengan kategori sangat baik dan presentase 91% .
Hal ini memberikan gambaran bahwa RPP menggunakan media adobe flash layak digunakan. (3) Penilaian yang telah dilakukan oleh validator 1 dan validator II mengenai pelaksanaan pembelajaran diperoleh skor rata-rata 3,78 dengan kategori sangat baik dan persentase 94,5% dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media adobe flash baik dan layak digunakan sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran. (4) efektivitas media adobe flash dapat dilihat dari hasil belajar siswa aspek kognitif nilai pre-test dan post-test diperoleh mean dari perbedaan uji sebelum dan sesudah yaitu 25,45 dan hasil uji t sebesar 31,692 sehingga ketuntasan hasil belajar sangatlah baik dan efektif. Selain itu efektifitas media adobe flash hasil menulis teks eksplanasi meliputi pre-test dan post-test diperoleh mean dari perbedaan uji sebelum dan sesudah yaitu 18,41 dan hasil uji t sebesar 21, 737 sehingga ketuntasan menulis teks eksplanasi sangat baik. dan efektif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SEBULU
Pengarang WIWIN WINDHIARTY - Personal Name
No. Panggil
Subyek Media Adobe Flash, Menulis Teks Eksplanasi, Peneli
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua