Detail Cantuman Kembali
Muh. Nurul Hidayat - Personal Name

Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan pada Stadion Utama Palaran di Samarinda

Muh. Nurul Hidayat, 1502095156, Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Pada Stadion Utama Palran di Samarinda yang dibimbing oleh Bapak Fareis Althalets, S.Par., M.M dan Bapak H. Muhammad Tommy Fimi Putera, Se., M.Si.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkurangnya minat kunjungan wisatawan pada Stadion Utama Palaran sejak tahun 2016 s.d tahun 2018. Pihak pengelola harus menyiapkan strategi terbaik untuk menarik minat kunjunga pada Stadion Utama Palaran, mengingat Stadion Utama Palaran adalah stadion terbesar yang ada di Kalimantan Timur yang sejatinya harus menjadi wisata olahraga yang memiliki tingkat kunjungan yang tinggi. Masalah dalam penelitian ini adalah “apakah fasilitas dan lokasi berpengaruh terhadap minat kunjungan wisatwan pada Stadion Utama Palaran” Setelah melakukan kajian literatur dan penyusunan hipotesis, data yang dikumpulkan melalui kuesioner pada 100 wisatawan Satdion Utama Palaran yang diperoleh dengan teknik nonprobability sampling. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini mencakup: validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan analisis koefisien deter minasi ( R2 ). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi:
Y=0,425 X1+0,413 X2
Dimana variabel minat kunjungan (Y), fasilitas (X1) dan lokasi (X2) diuji menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independen secara signifikan mempengaruhi variabel dependen. Kemudian memalui uji F menunjukkan bahwa variabel fasilitas dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap variabel minat kunjungan. Angka Adjusted R square sebesar 0,573 menunjukkan bahwa bahwa 57,3 persen variabel minat kunjungan dapat dijelaskan melalui kedua variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 42,7 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Dari hasil penelitian dapat disarankan bahwa fasilitas adalah faktor yang berpengaruh lebih besar terhadap minat kunjungan maka dari itu diharapkan pengelola dapat meberikan perhatian lebih terhadap fasilitas serta memperthatiakn kebersihan lingkungan Stadion Utama Palaran sehingga akan menambah minat kunjungan wisatawan menuju Stadion.

Kata kunci: minat kunjungan, fasilitas, lokasi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan pada Stadion Utama Palaran di Samarinda
Pengarang Muh. Nurul Hidayat - Personal Name
No. Panggil
Subyek minat kunjungan, fasilitas, lokasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua