Detail Cantuman Kembali
Adi Kirana - Personal Name

Pembangunan Infrastruktur di Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam Ulu.

Adi Kirana, Pembangunan Infrastruktur di Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam Ulu di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Muhammad Noor, M.Si dan Ibu Melati Dama S.sos., M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam Ulu. Untuk mengetahui hambatan dalam pembangunan infrastruktur di Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam Ulu. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian terdiri dari: sarana kesehatan, sarana pendidikan, sarana transportasi, sarana keagamaan, faktor pendukung dan penghambat pembangunan infrastruktur di Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam Ulu. Key informan Camat Laham, informannya Sekretaris Camat Laham dan Kepala Seksi Pemerintahan dan informan lainnya Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Kepala Bidang Cipta Karya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, penelitian lapangan (observasi, wawancara dan dokumen). Teknik analisis data yang digunakan adalah komponen analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pembangunan infrastruktur pada sarana kesehatan, Pemkab Mahakam Ulu dalam melakukan pembangunan sarana kesehatan di Kecamatan Laham dari Puskesmas dan Pustu, serta pengusulan anggaran dana untuk perbaikan fasilitas gedung puskesmas, berupa perbaikan puskesmas dan penambahan ruangan. Musrenbang diikuti oleh pejabat dan instansi terkait, Pemdes, tokoh masyarakat dan perwakilan dari setiap desa. Pembangunan infrastruktur di Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam Ulu pada sarana pendidikan untuk saat ini, pembangunan infrrastruktur pendidikan telah disesuaikan dengan aspirasi dan tingkat kebutuhan masyrakat Kecamatan Laham, sehigga Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu telah menyediakan sarana berupa pendidikan atau sekolah dengan jumlah dari 4 TK, 5 SD, 1 SLTP dan 1 SMU yang merupakan sarana pendidikan di Kecamatan Laham. Pembangunan infrastruktur di Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam Ulu pada sarana transportasi yaitu pembangunan dalam pelebaran badan jalan yang masih berupa tanah dan dengan penyusunan RPJM dan RKP. Pembangunan infrastruktur di Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam Ulu pada sarana keagamaan yang merupakan salah satu upaya pemenuhan hak dasar rakyat dalam melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya. Hambatan dalam pembangunan infrastruktur di Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam Ulu adalah permasalahan utama yang dihadapi Kabupaten Mahakam Ulu saat ini adalah lamanya anggaran yang di usulan ke Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, sarana jalan darat yang belum memadai untuk memudahkan aksesibilitas kegiatan masyarakat sehingga harga pokok kebutuhan masyarakat menjadi lebih tinggi, ketersediaan listrik di Kecamatan Laham yang belum tersedia 24 jam, sulitnya jangkauan transportasi.



Kata Kunci : Pembangunan, Infrastruktur.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pembangunan Infrastruktur di Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam Ulu.
Pengarang Adi Kirana - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pembangunan, Infrastruktur.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua