Detail Cantuman Kembali

Uji Aktivitas Antidiabetes Dari Ekstrak Etanol Dan Fraksi Etil Asetat Kerokot (Lygodium Microphyllum) Secara In Vitro

Lygodium microphyllum (Kerokot) adalah tanaman paku-pakuan yang berukuran besar dengan akar rimpang pendek yang sering dianggap sebagai tanaman gulma.
Beberapa literatur menyebutkan adanya potensi kefarmasian pada tanaman L. microphyllum, salah satunya diduga sebagai inhibitor a-glukosidase, berdasarkan pendekatan senyawa kaempferol dan kuercetin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak etanol Kerokot sebagai inhibitor a-glukosidase, mengetahui aktivitas fraksi etil asetat herba Kerokot sebagai inhibitor aglukosidase, mengetahui potensi ekstrak etanol dan fraksi etil asetat herba herba Kerokot sebagai antidiabetes dibandingkan dengan akarbose. Ekstrak diuji secara in vitro menggunakan enzim a-glukosidase untuk mengevaluasi aktivitas inhibitor terhadap a-glukosidase dengan akarbose. Hasil pengujian aktivitas penghambatan a-glukosidase ekstrak etanol daun Kerokot pada IC 50 2324,37 ppm, fraksi etil asetat herba Kerokot IC 50 2,67 ppm dan Akarbose pada IC 50 7,11 ppm.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan fraksi etil asetat herba tanaman Kerokot mempunyai aktivitas penghambatan yang lebih tinggi dibandingkan ekstrak etanol daun Kerokot dan akarbose.
Kata Kunci: Akarbose, a-Glukosidase, IC 50, Kerokot.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Uji Aktivitas Antidiabetes Dari Ekstrak Etanol Dan Fraksi Etil Asetat Kerokot (Lygodium Microphyllum) Secara In Vitro
Pengarang Alicia Anggreini Darmayanti - Personal Name
No. Panggil
Subyek Akarbose, a-Glukosidase, IC 50, Kerokot.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua