Detail Cantuman Kembali
SELMIA GUSNI BULAN - Personal Name

Hubungan Citra Tubuh Dan Pola Makan Dengan Status Gizi Remaja Putri Di SMA Negeri Kota Bontang

“Hubungan Citra Tubuh Dan Pola Makan Dengan Status Gizi Remaja Putri Di SMA Negeri Kota Bontang.
Pembimbing I: Iriyani K, SKM.,M.Gizi., Pembimbing II: Drs Ismail AB, M.Kes

Status gizi adalah keseimbangan antara asupan zat gizi yang diterima dengan penggunaannya. Status gizi remaja dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu pola makan, biologis, psikologis dan aktifitas fisik. Prevalensi gizi remaja dengan umur 16-18 tahun di Indonesia pada tahun 2013 yakni 9.4% gizi kurang dan 7.3% gizi lebih. Prevalensi gizi remaja di Kota Bontang pada tahun 2015 yaitu 18.15% gizi kurang dan 6.37% gizi lebih.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan citra tubuh dan pola makan dengan status gizi remaja putri di SMA Negeri Kota Bontang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah siswi kelas XI di SMA Negeri Kota Bontang sebanyak 337 siswa.
Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling berjumlah 183 siswi. Analisis data menggunakan uji spearman. Pengumpulan data menggunakan formulir frekuensi pangan semikuantitatif dan Body Shape Questionnaires (BSQ), serta pengukuran Indeks Masa Tubuh (IMT).
Hasil pengukuran bahwa rerata status gizi (20.67 kg/m2), rerata citra tubuh (37.26), rerata asupan energi (1751.62 kkal), rerata asupan karbohidrat (296.92 g), rerata asupan protein (55.53 g), dan rerata asupan lemak (57.19 g).
Hasil uji statistik bahwa ada hubungan antara citra tubuh dengan status gizi (p=0.000), dan ada hubungan pola makan (energy, karbohidrat, protein, dan lemak) dengan status gizi (p=0.000) Berdasarkan hasil penelitian ada hubungan antara citra tubuh dan pola makan dengan status gizi remaja putri maka saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya pemantauan status gizi serta penyuluhan edukasi gizi terkait berat badan dan tinggi badan yang normal serta makanan yang baik untuk dikonsumsi sehingga menggurangi adanya masalah gizi pada remaja.
Kata Kunci : Citra Tubuh, Pola Makan, Status Gizi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Hubungan Citra Tubuh Dan Pola Makan Dengan Status Gizi Remaja Putri Di SMA Negeri Kota Bontang
Pengarang SELMIA GUSNI BULAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek : Citra Tubuh, Pola Makan, Status Gizi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua