Implementasi Model Pembelajaran Paket C Pada Warga Belajar di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Balikpapan Selatan
Luvita Purnamasari, 2016. Implementasi Model Pembelajaran Paket C Pada Warga Belajar di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Balikpapan Selatan, dibawah bimbingan Bapak Dr. Budi Rahardjo, M.S selaku dosen Pembimbing I dan Bapak Drs. Albert Richart Singal, M.Si selaku dosen Pembimbing II.
Kata Kunci : Implementasi, Paket C dan Warga Belajar.
Tujuan penelitian adalah untuk Mengetahui bagaimana strategi pembelajaran paket C pada warga belajar di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Balikpapan Selatan dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi model pembelajaran paket C pada warga belajar di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Balikpapan Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, yang dilaksanakan di UPTD SKB Balikpapan Selatan. Data dan sumber data penelitian ini adalah tutor dan warga belajar paket C. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah tenik observasi lapangan, wawancara, serta dokumen-dokumen lain yang bisa membantu peneliti dalam penyusunan penelitian ini. Temuan dalam penelitian ini adalah 1) dalam proses pembelajaran ini menerapkan tiga tahap indikator, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) tutor selalu mengamati, membantu, membimbing, dan memotivasi warga belajar, 3) menerapkan metode ceramah, penugasan dan diskusi dan strategi pembelajaran yang diterapkan tutor kepada warga belajar melalui pemberian teori dan dikuatkan dengan praktek yang tentunya dalam hal ini pembelajaran yang perlu dikembangkan maka para tutor memfokuskan pada praktek penugasan diharapkan dapat dengan mudah menerapkan model pembelajaran paket C pada warga belajar di UPTD SKB Balikpapan Selatan, 4) dalam proses pembelajaran terdapat faktor penghambat yaitu tingkat kemauan belajar mereka yang sangat minim, dan faktor pendukungnya adalah kesigapan para tutor yang selalu mendukung ,memotivasi dan menyemangati warga belajar agar mereka rajin masuk dan mau untuk belajar .Kesimpulan dari penelitian ini, dengan strategi pembelajaran yang diterapkan tutor kepada warga belajar melalui pemberian teori dan dikuatkan dengan praktek yang tentunya dalam hal ini pembelajaran yang perlu dikembangkan maka para tutor memfokuskan pada praktek penugasan diharapkan dapat dengan mudah menerapkan model pembelajaran paket C pada warga belajar di UPTD SKB Balikpapan Selatan, untuk faktor penghambat dan pendukung diharapkan warga belajar lebih rajin mengikuti proses pembelajaran di sekolah dengan dukungan dan dorongan dari tutor yang mendukung penuh pada pembelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Implementasi Model Pembelajaran Paket C Pada Warga Belajar di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Balikpapan Selatan |
---|---|
Pengarang | Luvita Purnamasari - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY