Detail Cantuman Kembali
Tika Rahmadani Saputri - Personal Name

PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI KERUPUK RIKO DI SAMARINDA

Tika Rahmadani Saputri. Penentuan harga pokok produksi Kerupuk Riko di Samarinda. Di bawah bimbingan Nurita Affan sebagai pembimbing pertama dan Ferry Diyanti sebagai pembimbing kedua.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui harga pokok produksi kerupuk ikan menurut Usaha Kerupuk Riko dan membandingkannya dengan perhitungan harga pokok produksi kerupukikan menurut teori akuntansi biaya.
Berdasarkan penelitian, dalam menentukan harga pokok produksi kerupuk ikan perusahaan hanya memperhitungkan biaya bahan baku sehingga diperoleh harga pokok produksi sebesar Rp 20.2017.78 per Kg. Perhitungan yang dilakukan perusahaan tentu berbeda dengan teori akuntansi biaya. Khususnya untuk biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik dengan menggunakan alokasi biaya bersama untuk menentukan harga pokok produksi kerupuk ikan pada usaha Kerupuk Riko di Samarinda.
Alat analisis pada penelitian kali ini dibagi atas 3 bagian, langkah awal adalah mengetahui perhitungan harga pokok produksi menurut perusahaan, langkah kedua menghitung harga pokok produksi kerupuk ikan dengan menggunakan laporan biaya produksi, dan ketiga adalah membandingkan perhitungan harga pokok produksi menurut perusahaan dengan perhitungan harga pokok produksi menurut laporan biaya produksi.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan laporan biaya produksi, diketahui harga pokok produksi kerupuk ikan per kg adalah Rp. 30.718,67 dan menimbulkan selisih sebesar Rp. 10.500,89. Dari perbedaan perhitungan diatas maka penulis menyimpulkan bahwa harga pokok produksi kerupuk ikan menurut perusahaan lebih rendah dibandingkan perhitungan harga pokok produksi menurut laporan biaya produksi.

Kata Kunci : Harga Pokok Produksi, Laporan Biaya Produksi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI KERUPUK RIKO DI SAMARINDA
Pengarang Tika Rahmadani Saputri - Personal Name
No. Panggil
Subyek Harga Pokok Produksi, Laporan Biaya Produksi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua