Detail Cantuman Kembali
PIPIT PUSPITASARI - Personal Name

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbasis Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Berau Tahun Pembelajaran 2016/2017

Pipit Puspitasari, Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Time Token Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XA SMA Negeri 13 Berau Tahun Pembelajaran 2016/2017. Skripsi program studi pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman, dibawah bimbingan ibu Dr. Elsje Theodora M.M.Pd, selaku pembimbing I dan ibu Dr. Vandalita M M R, M.P, selaku pembimbing II.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) menggunakan Pretest – Postest Group control Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Time Token berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif Biologi siswa kelas XA SMA Negeri 13 Berau tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Berau semester ganjil tahun pembelajaran 2016/2017. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XA dan XB, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling yaitu berdasarkan nilai ulangan. Sampel yang digunakan yaitu kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan t Hitung (9,36) lebih besar dari T tabel untuk taraf signifikansi 0,05 (2,052). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Time Token berbasis PBL terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Biologi siswa kelas XA di SMA Negeri 13 Berau Tahun Pembelajaran 2016/2015.
Kata kunci : Time Token, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbasis Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Berau Tahun Pembelajaran 2016/2017
Pengarang PIPIT PUSPITASARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Time Token, Problem Based Learning, Berpikir Kriti
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua