Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbasis Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Berau Tahun Pembelajaran 2016/2017
Pipit Puspitasari, Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Time Token Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XA SMA Negeri 13 Berau Tahun Pembelajaran 2016/2017. Skripsi program studi pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman, dibawah bimbingan ibu Dr. Elsje Theodora M.M.Pd, selaku pembimbing I dan ibu Dr. Vandalita M M R, M.P, selaku pembimbing II.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) menggunakan Pretest – Postest Group control Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Time Token berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif Biologi siswa kelas XA SMA Negeri 13 Berau tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Berau semester ganjil tahun pembelajaran 2016/2017. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XA dan XB, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling yaitu berdasarkan nilai ulangan. Sampel yang digunakan yaitu kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan t Hitung (9,36) lebih besar dari T tabel untuk taraf signifikansi 0,05 (2,052). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Time Token berbasis PBL terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Biologi siswa kelas XA di SMA Negeri 13 Berau Tahun Pembelajaran 2016/2015.
Kata kunci : Time Token, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbasis Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Berau Tahun Pembelajaran 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | PIPIT PUSPITASARI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Time Token, Problem Based Learning, Berpikir Kriti |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY