Detail Cantuman Kembali
Muhammad Nur Yusuf - Personal Name

STUDI TENTANG INOVASI MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI DI TINGKAT KELURAHAN (Studi Penggunaan e-bukuan dan e-kelurahan di Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran Kota Samarinda)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan Penggunaan Inovasi Manajemen dan Administrasi berupa Aplikasi e-bukuan dan e-kelurahan, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat juga faktor utamanya pada proses penerapan aplikasi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran kota Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, penelitian lapangan berupa observasi, wawancara mendalam dan penelitian dokumen. Narasumber dari penelitian ini adalah Lurah di Kelurahan Bukuan (key informan), Pegawai Kelurahan Bukuan dan Masyarakat yang menggunakan dan tidak menggunakan Aplikasi. sumber data diperoleh dengan menggunakan metode Purposive Sampling dan data-Data dianalisis dengan metode penelitian kualilatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya penerapan Inovasi Manajemen dan Administrasi di Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran kota Samarinda sudah berjalan dengan perkembangan yang signifikan tetapi belum mencapai apa yang diharapkan. Hal tersebut dilihat adanya beberapa kelompok masyarakat yang belum mampu menggunakan aplikasi tersebut sehingga dalam proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat tersebut masih dengan pelayanan manual. Namun dalam penyelenggaraan dalam instansi Kelurahan Bukuan melalui Aplikasi E-kelurahan telah mencapai kebutuhan dari pegawai dalam percepatan pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut dilihat dari upaya pemberian pelayanan yang lebih singkat dalam proses pembuatan tata Persuratannya atau proses pembuatan suatu berkas dan dokumen permohonan. Dengan adanya penerapan Inovasi Manajemen dan Administrasi ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kelurahan, namun juga harus dapat didukung oleh pemerintah kota dan provinsi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG INOVASI MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI DI TINGKAT KELURAHAN (Studi Penggunaan e-bukuan dan e-kelurahan di Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran Kota Samarinda)
Pengarang Muhammad Nur Yusuf - Personal Name
No. Panggil
Subyek Inovasi, Manajemen, Administrasi, aplikasi, e-buku
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Ilmu Pemerintahan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua