Detail Cantuman Kembali
Nurnatasya - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 8 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017 (Materi Pengetahuan Dasar Geografi)

Nurnatasya. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA Negeri 8 Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017 (Materi Pengetahuan Dasar Geografi). Penelitian ini di bimbing oleh bapak Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Hj. Muliati Syam, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar dan (3) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan aktivitas terhadap hasil belajar geografi (materi pengetahuan dasar geografi). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Samarinda pada siswa kelas X IPS 3 yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan teknik simple random sampling. Dari hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas X SMAN 8 Samarinda yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 47,48 + 0,47X R square sebesar 0,2025 atau 20,25%, dan nilai Fhitung > Ftabel (7,21 > 4,20), terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas X SMAN 8 Samarinda ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 43,06 + 0,51X, R square sebesar 0,1764 atau 17,64% dan nilai Fhitung > Ftabel (6,23 > 4,20), terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning dan aktivitas terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas X SMAN 8 Samarinda ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 30,12 + 0,34X1 + 0,33X2, R square sebesar 0,2601 atau 26,01% dan nilai Fhitung > Ftabel (4,74 > 3,35). Penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Aktivitas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi (materi pengetahuan dasar geografi).

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 8 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017 (Materi Pengetahuan Dasar Geografi)
Pengarang Nurnatasya - Personal Name
No. Panggil
Subyek Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), A
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua