Detail Cantuman Kembali
Fajar Fatimah - Personal Name

PREDIKSI PEMAKAIAN AIR PDAM MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MOVING AVERAGE (Studi Kasus : Pemakaian Air di Kota Samarinda Wilayah Bengkuring Pada Tahun 2017)

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem yang mampu memprediksi pemakaian air di PDAM di kota Samarinda wilayah Bengkuring.dengan metode Simple Moving Average. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi secara langsung dan wawancara dengan bagian distribusi PDAM Titra Kencana Samarinda. Penelitian ini menggunakan data pemakaian air di PDAM mulai dari bulan september 2016- januari 2017 untuk memprediksi pemakaian air bulan dibulan berikutnya. Dalam penelitian ini digunakan nilai MAPE untuk menghitung nilai error atau ketidak tepatan hasil peramalan sehingga hasil prediksi akan mendekati sempurna. Sistem yang dibagun dalam penelitian ini menggunakan bahasa PHP dengan koneksi database MYSQL.dimana rumus perhitungan prediksi dimasukkan ke dalam sistem. Hasil dari sistem yang dibangun yaitu jumlah pemakaian air disetiap bulan dengan nilai MAPE 0,1712 termasuk kriteria ‘sangat baik’ sehingga dapat disimpulkan sistem ini dapat digunakan untuk memprediksi pemakaian air PDAM Tirta Kencana Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PREDIKSI PEMAKAIAN AIR PDAM MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MOVING AVERAGE (Studi Kasus : Pemakaian Air di Kota Samarinda Wilayah Bengkuring Pada Tahun 2017)
Pengarang Fajar Fatimah - Personal Name
No. Panggil
Subyek Prediksi,PHP MySQL, MAPE, Simple Moving Average
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Teknik Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua