Detail Cantuman Kembali
ZAENAB LUXFIATY AS - Personal Name

POLA RAMBAT Enhalus acoroides DI PADANG LAMUN PERAIRAN DUSUN MELAHING, BONTANG KALIMANTAN TIMUR

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui arah pola rambat Enhalus acoroides di padang lamun yang berhubungan dengan parameter fisika-kimia dan substrat perairan perairan Dusun Melahing, Bontang. Pengukuran kualitas air dilakukan di lokasi penelitian dan Laboratorium Kualitas Air FPIK, sedangkan untuk substrat tanah dilakukan di Laboratorium Ilmu tanah Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.
Penelitian lebih menekankan pada penelitian deskriptif walaupun kerapatan lamun ditinjau dari sisi kuantitatif dan dilakukan pada bulan Desember 2016- Februari 2017. Lokasi ditentukan berdasarkan empat arah mata angin dengan daerah low, middle dan high menggunakan metode transek, kuadran 50 x 50 cm. Data di analisis dengan menghitung kerapatan, kerapatan relatif, frekuensi, frekuensi relatif, penutupan, penutupan relatif, indeks niali penting dan PCA.
Kerapatan padang lamun di perairan Dusun Melahing cenderung ditumbuhi spesies Enhalus acoroides dan Thalassia hemprichii dan tertinggi pada Stasiun Utara dengan rata-rata 105 tegakan/m2. Pola rambat Enhalus acoroides cenderung banyak mengarah ke Utara karena secara ekologis lamun hidup pada perairan yang mengalir sirkulasi air yang terus berganti sehingga membawa zat unsur hara dan oksigen pada perairan, kemudian hidup pada daerah substrat yang bertekstur lempung pasir yang halus.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul POLA RAMBAT Enhalus acoroides DI PADANG LAMUN PERAIRAN DUSUN MELAHING, BONTANG KALIMANTAN TIMUR
Pengarang ZAENAB LUXFIATY AS - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pola Rambat, E. acoroides, Kualitas Air dan Substr
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua