HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 9 SAMARINDA
Sadikin, 2019. Hubungan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 9 Samarinda. Tesis (Pembimbing I Dr. H. Mursalim, M.Hum, Pembimbing II Dr. H. Yusak Hudiyono, M.Pd). Samarinda: Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Mulawarman.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan tujuan dari penelitian untuk: 1) mengetahui ada tidaknya korelasi yang signifikan antara motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Negeri 9 Samarinda 2) mengetahui ada tidaknya korelasi yang signifikan antara berpikir kritis terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Negeri 9 Samarinda, dan 3) mengetahui ada tidaknya korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Negeri 9 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi Product Moment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 9 yang berjumlah 299 siswa. Sampel penelitian berjumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel cluster random sampling. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu dua variabel bebas dan satu veriabel terikat (keterampilan menulis teks eksposisi). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Pengumpulan data menggunakan metode Kuesioner dan tes.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: 1) tampaknya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Negeri 9 Samarinda yang ditunjukan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,648 dan nilai rhitung lebih besar dari rtabel dengan N = 63 pada taraf kesalahan 5% (0,648 > 0,2441) yang berarti bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi pula keterampilan menulis teks eksposisi, 2) tampaknya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara berpikir kritis terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Negeri 9 Samarinda yang dibuktikan dengan koefisiensi korelasi (rx1y) sebesar 0,257 dan nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel dengan N = 63 pada taraf kesalahan 5% (0,257 > 0,2441) yang berarti bahwa semakin tinggi berpikir kritis siswa maka akan semakin tinggi pula keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 9 Samarinda, dan 3) tampaknya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Negeri 9 Samarinda yang ditunjukkan dengan nilai sebesar 0,657 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,432. R Square menunjukkan hubungan yang positif antara motivasi belajar dan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis teks eksposisi sebesar 0,657 atau 43,2%.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Berpikir Kritis, Teks Ekposisi, Keterampilan Menulis
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 9 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Sadikin - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Motivasi Belajar, Berpikir Kritis, Teks Ekposisi, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY