Detail Cantuman Kembali
USWATUN HASANAH - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI UANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN SISWA KELAS III SDN 009 LOA JANAN ILIR


Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Uang, Model Bermain Peran
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN 009 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2018/2019 khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS materi uang dengan model pembelajaran bermain peran siswa kelas III SDN 009 Loa Janan Ilir?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi uang dengan model pembelajaran bermain peran siswa kelas III SDN 009 Loa Janan Ilir.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Waktu penelitian yaitu pada tanggal 22-30 Maret 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III SDN 009 Loa Janan Ilir yang berjumlah 37 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan model bermain peran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar soal tes hasil belajar. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase dan peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 41,41% dari nilai rata-rata 48,10 dengan predikat kurang dan persentase ketuntasan 45,94% pada nilai pra siklus menjadi 68,02 dengan predikat cukup dan persentase ketuntasan 67,56%. Ketuntasan klasikal belum mencapai indikator keberhasilan maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 75,80% menjadi 84,56 dengan predikat baik dan persentase ketuntasan 86,48%. Persentase ketuntasan telah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS materi uang dengan model pembelajaran bermain peran siswa kelas III SDN 009 Loa Janan Ilir mengalami peningkatan.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI UANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN SISWA KELAS III SDN 009 LOA JANAN ILIR
Pengarang USWATUN HASANAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Uang, Model Bermain
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua