Detail Cantuman Kembali
AGUS MERDEKAWATI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL MAKE A-MATCH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 004 SELILI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa di SDN 004 Selili pada pelajaran IPA. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode-metode tradisional seperti, ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Make A-Match siswa kelas V (lima) SDN 004 Selili tahun pembelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Model Make A-Match Pada Siswa Kelas V SD Negeri 004 Selili.
Teknik Pengumpulan data menggunakan pengamatan, tes dan dokumentasi. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang berlangsung 2 siklus. Penelitian dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 30 siswa dan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran Make A-Match, yaitu hasil atau nilai tes formatif pada setiap akhir pembelajaran.
Hasil penelitian prasiklus 57,6 dengan ketuntasan belajar siswa 16,7%, pada siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 62,7 dengan ketuntasan 30% dan pada siklus II meningkat rata-ratanya menjadi 73 dengan ketuntasan belajar siswa 77%. Peneliti menyarankan kepada guru salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Make A-Match.
Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Make A-Match siswa kelas V (lima) SDN 004 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2016/2017 mengalami peningkatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL MAKE A-MATCH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 004 SELILI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Pengarang AGUS MERDEKAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar IPA, Model Make A-Match
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan ilmu pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua