PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MENJELANG PROKLAMASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERFIKIRBERPASANGAN-BERBAGI SISWA KELAS V DI SDN 008 SAMARINDA ULU
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi perlunya dilakukan perbaikan proses pembelajaran IPS yang proses mengajarnya kurang menyesuaikan metode yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Sehingga hasil belajar siswa masih kurang, belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Hasil ulangan semester ganjil masih ada siswa yang belum tuntas.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah mengajar IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe berfikir-berpasangan-berbagi dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi menjelang proklamasi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi menjelang proklamasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe berfikir-berpasangan-berbagi kelas V SDN 008 Samarinda Ulu. Manfaat penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe
bergikir-berpasangan-berbag. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, hasil belajar siswa dan lembar observasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, prosedur peneliian yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus, satu siklus dua kali pertemuan. Permasalahan yang terdapat di siklus I akan ditindak lanjuti pada siklus berikutnya yaitu siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 008 Samarinda Ulu dan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPS materi Menjelang Proklamasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe berfikir-berpasangan-berbagi.
Hasil penelitian pada prasiklus yang tuntas 7 dari 40 siswa dengan presentase siswa yang tuntas 17,5%. Mengajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe berfikir-berpasangan-berbagi pada penelitian siklus I hasil persentase siswa yang tuntas sebesar 42,5% dengan yang tuntas 17 siswa. Pelaksanaan siklu II persentase ketuntasan siswa sebesar 85% dengan siswa yang tuntas 34. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan model pembelajaran koopratif tipe berfikir-berpasangan-berbagi dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Menjelang Proklamasi siswa kelas V SDN 008 Samarinda Ulu.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MENJELANG PROKLAMASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERFIKIRBERPASANGAN-BERBAGI SISWA KELAS V DI SDN 008 SAMARINDA ULU |
---|---|
Pengarang | RISTA MAYDINA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Hasil Belajar IPS, Menjelang Proklamasi, Tipe Berf |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY