PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SDN 016 PALARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Model Pembelajaran Problem Based Instruction ( PBI ) merupakan model pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengacu pada pemberian masalah sesuai materi yang di ajarkan dan pembentukan kelompok belajar dengan saling berdiskusi untuk memecahkan suatu permasalahan yang telah diberikan. Dalam hal ini sebagian besar aktivitas berpusat pada siswa yakni mempelajari IPA dengan cara di beri tugas permasalahan sesuai materi dan dilanjutkan berdiskusi dengan kelompoknya. Hasil belajar IPA tentang daur hidup hewan yang masih rendah disebabkan karena pembelajaran masih sebatas ceramah dan proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA tentang Daur Hidup Hewan melalui model pembelajaran problem based instruction pada siswa kelas IV SDN 016 Palaran tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek siswa kelas IV SDN 016 Palaran Semester II Tahun Pembelajaran 2016/2017 sebanyak 10 siswa. Objek penelitian ini pembelajaran IPA dengan model pembelajaran problem based instruction materi daur hidup hewan .Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dengan observasi dan evaluasi untuk mengukur hasil belajar siswa yang diberikan di akhir setiap pertemuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan tiga kali pertemuan di setiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBI. Rata-rata hasil belajar siswa pada nilai pra siklus 67,2 dengan ketuntasan belajar siswa 30%, pada siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 76,4 dengan ketuntasan belajar siswa 60%, pada siklus II meningkat rata-ratanya menjadi 85 dengan ketuntasan belajar siswa 100% artinya hasil belajar siswa yang diperoleh telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan model pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 016 Palaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SDN 016 PALARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | Ferina Anis Ilahi - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Hasil Belajar IPA, Daur Hidup Hewan, Problem Based |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY