Detail Cantuman Kembali
Nini Listiani - Personal Name

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 017 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Model pembelajaran koperatif tipe jigsaw merupakan model pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengacu pada pembentukkan kelompok belajar dengan saling berdiskusi untuk memecahan suatu permasalahan. Dalam hal ini sebagian besar aktifitas berpusat pada siswa, yakni mempelajari IPA dengan cara berdiskusi dengan kelompoknya. hasil belajar tentang energi dan kegunaannya yang masih rendah disebabkan karena sebatas ceramah dan proses pembelajaran berpusat padaguru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang energi dan kegunaannya melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV SDN 017 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek siswa kelas IV SDN 017 Sungai Kunjang Semester II Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Objek penelitian ini pembelajaran IPA dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw materi energi dan kegunaannya. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dengan observasi dan evaluasi yang diberikan di akhir setiap siklus. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan dua kali pertemuan di setiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Rata-rata hasil belajar siswa pada nilai pra siklus 63,6 dengan ketuntasan belajar siswa 38,0%, pada siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 77,6 dengan ketuntasan belajar siswa 85,0%, pada siklus II meningkat rata-ratanya menjadi 84,1 dengan ketuntasan belajar siswa 95,0% artinya hasil belajar siswa yang diperoleh telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 017 Sungai Kunjang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 017 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Pengarang Nini Listiani - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar IPA, Energi dan Kegunaannya, Jigsaw
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua