Detail Cantuman Kembali
DICKY KURNIAWAN - Personal Name

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V-C SDN 027 SAMARINDA ULU TAHUN AJARAN 2016/2017

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V-C SDN 027 Samarinda Ulu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 027 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2016/2017 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V-C yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitian adalah pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi terhadap aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran dan tes hasil belajar yang dilaksanakan pada akhir setiap siklus. Observasi dilaksanakan pada setiap pertemuan selama pembelajaran berlangsung. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa data – data dan persentase. Peneliti bertindak sebagai pelaksana pembelajaran, sedangkan observer adalah guru kelas SDN 027 Samarinda Ulu.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian yang dikemukakan pada bab IV, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada siswa kelas V-C SDN 027 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2016/2017 meningkat. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari hasil belajar kondisi awal sebesar 60,47 atau berada pada kategori kurang, Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 66,94, peningkatan tersebut sebanyak 6,47 kriteria cukup dengan presentase 11 %, pada siklus II meningkat sebesar 81,72 peningkatan tersebut sebanyak 14,79 dengan kritera baik dengan presentase 22 %. Secara keseluruhan peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan 21,25 dengan presentase peningkatan hasil belajar 26 %.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan bagi guru diharapkan menambah wawasan guru tentang model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Bagi siswa, hendaknya membiasakan diri untuk bekerjasama, toleransi dan mau menerima pendapat dari teman agar dalam bekerja kelompok mendapatkan hasil yang maksimal. Dan bagi sekolah diharapkan dengan dilaksanakan penelitian ini dapat memberikan informasi dan pertimbangan mengenai penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V-C SDN 027 SAMARINDA ULU TAHUN AJARAN 2016/2017
Pengarang DICKY KURNIAWAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek aktivitas, hasil belajar ips, model investigasi ke
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua