PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP SAMARINDA
Penelitian pengembangan bahan ajar menulis deskripsi dengan mengunakan model pembelajaran Circuit learning perlu dilakukan karna guru dan siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran menulis deskripsi. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar menulis deskripsi dengan mengunkan model pembelajaran Circuit Learning (2) untuk mengukur kualitas bahan ajar menulis deskripsi dengan menggunakan metode circuit learning yang dinilai dari kevalidan dan keefektifitasan. Penelitian ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang dilaksanakan di SMP Nabil Husen Samarinda. Hasil penelitian pengembangan dapat dilihat dari hasil validasi, yakni validasi materi dengan nilai 88, validasi grafika dengan nilai 86 dan validasi nilai bahasa dengan nilai 97 dengan kreteria sangat valid. Hasil uji kefektifitasan dilihat dari keterlaksanaan RPP, nilai respon guru 93, nilai respon siswa 93 dan nilai hasil tes menulis deskripsi yang dilakukan mendapat nilai rata-rata 88 dengan kreteria sangat efektif. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penelitian pengembangan bahan ajar menulis deskripsi dengan mengunakan model pembelajaran circuit learning pada siswa kelas VII ini sangat valid dan sangat efektif.
Kata kunci: bahan ajar, menulis deskripsi, model circuit learning
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | RAKHMAD SYARIF - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | bahan ajar, menulis deskripsi, model circuit learn |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY