Detail Cantuman Kembali
IIM MASFIAN NURCAHYANI - Personal Name

PENERAPAN GENERALIZED POISSON REGRESSION I UNTUK MENGATASI OVERDISPERSI PADA REGRESI POISSON (Studi Kasus: Pemodelan Jumlah Kasus Kanker Serviks di Provinsi Kalimantan Timur)

Iim Masfian Nurcahyani 2014, “Penerapan Generalized Poisson Regression I Untuk Mengatasi Overdispersi Pada Regresi Poisson (Studi Kasus : Pemodelan Jumlah Kasus Kanker Serviks di Provinsi Kalimantan Timur)” dibawah bimbingan Ibu Desi Yuniarti, S.Si. M.Si. dan Ibu Memi Nor Hayati, S.Si., M.Si. Regresi Poisson secara umum digunakan untuk menganalisis data diskrit dengan asumsi data berdistribusi Poisson dimana nilai rata-rata dan variansinya sama atau yang disebut dengan equidispersi. Pada kenyataannya asumsi equidispersi seringkali tidak terpenuhi karena nilai variansi lebih besar dari nilai rata-ratanya atau yang dikenal dengan overdispersi. Model regresi Poisson yang mengandung overdispersi akan menghasilkan standard error yang under estimate sehingga kesimpulan yang dihasilkan menjadi tidak valid. Salah satu model yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan overdispersi adalah Generalized Poisson Regression I (GPR I). Penelitian ini membahas mengenai penanganan masalah overdispersi pada regresi Poisson dengan menggunakan GPR I, dengan studi kasus pemodelan jumlah kasus kanker serviks di Kalimantan Timur tahun 2013. Dalam penelitian ini model GPR I memenuhi kriteria kesesuaian model regresi dibandingkan regresi Poisson karena memiliki nilai AIC yang lebih kecil.
Kata Kunci: AIC, GPR I, Overdispersi, Regresi Poisson.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN GENERALIZED POISSON REGRESSION I UNTUK MENGATASI OVERDISPERSI PADA REGRESI POISSON (Studi Kasus: Pemodelan Jumlah Kasus Kanker Serviks di Provinsi Kalimantan Timur)
Pengarang IIM MASFIAN NURCAHYANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua