PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL CROSSWORD PUZZLE SISWA KELAS IV SDN 004 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi perubahan lingkungan pada siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang perubahan lingkungan dengan model crossword puzzle siswa kelas IV di SDN 004 Samarinda Ulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, pengumpulan data dalam penelitian ini yakni menggunakan tes dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu dan objek penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar IPA tentang perubahan lingkungan dengan model crossword puzzle. Hasil penelitian pada pra siklus, siswa yang tuntas hanya 36%, sedangkan mengajar dengan menggunakan model crossword puzzle pada penelitian siklus I hasil presentase siswa yang tuntas sebesar 60%. Pelaksanaan siklus II presentase ketuntasan siswa sebesar 76%. Dan pelaksanaan siklus III presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 92%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka model crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2016/2017.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL CROSSWORD PUZZLE SISWA KELAS IV SDN 004 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | BUDI SANTOSO - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Hasil belajar IPA, Perubahan Lingkungan dan Model |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY