Detail Cantuman Kembali
SITI RAHMADIANI - Personal Name

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III DN 015 GUNUNG LINGAI SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis cerita siswa kelas III SDN 015 Gunung Lingai. Masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas III SDN 015 Gunung Lingai tahun pembelajaran 2016/2017 ?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita melalui model picture and picture dengan media gambar seri pada siswa kelas III SDN 015 Gunung Lingai Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan di SDN 015 Gunung Lingai dengan subyek penelitian siswa kelas III berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi pengamatan guru, pengamatan siswa, dan lembar kerja siswa setiap siklus. Data yang diperoleh disajikan dalam rata-rata, persentasi.
Berdasarkan hasil penelitian BAB IV, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerita melalui model picture and picture melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN 015 Gunung Lingai tahun pembelajaran 2016/2017 meningkat.
Peningkatan terebut terbukti dari hasil persentase ketuntasan prasiklus yaitu 27% dengan nilai rata-rata 53,5 kemudian pada siklus I persentasi ketuntasan meningkat sebesar 43% dengan niai rata-rata 62,7 dan pada siklus II semakin meningkat sebesar 80% dengan nilai rata-rata 70,5. Secara keseluruhan peningkatan persentase atara prasiklus dan siklus I sebesar 19 % dengan peningkatan rata-rata 9,2 dan peningkatan persentase antara siklus I dan siklus II sebesar 37 % dengan peningkatan rata-rata 7,8.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III DN 015 GUNUNG LINGAI SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Pengarang SITI RAHMADIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran Picture a
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua