Penerapan Analisis Joint-Space dan Analisis Faktor dalam Persepsi Mahasiswa FMIPA UNMUL terhadap Penggunaan Aplikasi Messenger pada Smartphone
EMI HARMIANTI, “Penerapan Analisis Joint-Space dan Analisis Faktor dalam Persepsi Mahasiswa FMIPA UNMUL terhadap Penggunaan Aplikasi Messenger pada Smartphone”, di bawah bimbingan Ibu Ika Purnamasari, S.Si, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Memi Nor Hayati, S.Si, M.Si selaku pembimbing II. Analisis Multidimensional Scalling (MDS) merupakan suatu teknik yang dapat digunakan untuk menentukan pandangan relatif responden terhadap suatu objek yang kemudian direpresentasikan dalam sebuah peta multidimensi. Analisis Joint-Space merupakan tipe MDS yang bertujuan untuk menentukan koordinat posisi dari tiap objek dan variabel yang digambarkan secara bersama-sama pada peta persepsi (perceptual map). Sedangkan analisis faktor adalah suatu cabang dari analisis multivariatuntuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi perhatian responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi aplikasi messenger pada smartphone berdasarkan atribut yang dimiliki, serta untuk mengetahui faktor yang menjadi perhatian responden dalam memilih aplikasi messenger berdasarkan atribut aplikasi messenger tersebut dengan responden adalah mahasiswa FMIPA UNMUL. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dari hasil penelitian dengan menyebar kuesioner dengan jumlah responden (mahasiswa FMIPA UNMUL) sebanyak 100 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi BlackBerry Messenger, LINE, WhatsApp menduduki posisi terbaik dengan semua atribut unggulan yang ada didalam aplikasi tersebut. Sedangkan aplikasi KakaoTalkmenempati posisi ketiga dengan beberapa atribut unggulan tampilan, pembaruan aplikasi, promosi, koneksi, performa aplikasi, kontak dan grup, stiker dan emoticon, serta pengaturan akun. Sementara itu, aplikasi Yahoo Messengerdan WeChat adalah aplikasi terlemah dalam berbagai atribut yang ada di dalam aplikasi messenger. Dari hasil analisis faktor, didapat bahwa terdapat dua faktor yang menjadi perhatian konsumen dalam memilih aplikasi messenger pada smartphone yaitu atribut koneksi dan promosi.
Kata kunci : Analisis faktor, analisis joint-space, aplikasi messenger,perceptual map.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Analisis Joint-Space dan Analisis Faktor dalam Persepsi Mahasiswa FMIPA UNMUL terhadap Penggunaan Aplikasi Messenger pada Smartphone |
---|---|
Pengarang | Emi Harmianti - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY